BANJARMASIN – Seorang anak berusia lima tahun tersenyum dengan lebar. Dengan bangga, sang bocah laki-laki yang bernama M. Rizki itu memamerkan jajaran gigi kecilnya yang telah bersih. Rizki baru saja mengikuti pembersihkan karang gigi.

Rizki adalah salah satu dari 20 anak yatim dan dhuafa yang gigi-gigi kecilnya dibersihkan dalam acara Tarhib Ramadhan Laznas LMI 1439 H. Selama beberapa hari pelaksanaan (9-14/4), Laznas LMI bersama Klinik PHC Banjarmasin melaksanakan kegiatan cuci karang gigi gratis. Mulai pukul 14.30 – 16.30 WITA, satu per satu anak masuk ke klinik dan keluar dengan senyum cerah.

Masitah, ibu dari Rizki membawa sang putra melakukan pembersihan karang gigi. Selain dia, ada juga Thaibah yang membawa serta dua anaknya. Ibunda dari Dinda, bocah berumur enam tahun serta Afriza itu bersama-sama membersihkan karang gigi.

Anak-anak begitu bersemangat mengikuti acara yang juga digelar untuk menyambut Ramadhan tersebut. Selain membersihkan gigi, anak-anak juga mendapat perawatan penambalan gigi yang berlubang.

Mereka sangat gembira karena pasca pembersihan karang, gigi terasa bersih. Mereka juga berjanji mengurangi makanan manis dan rajin gosok agar gigi tidak berlubang atau karies.

Orangtua anak-anak menyampaikan terima kasih kepada donatur LMI dan Klinik PHC Banjarmasin yang melakukan pemeriksaan gigi dengan gratis. Apalagi para dokter klinik juga dengan sabar membersihkan karang gigi meski dengan tingkah polah khas anak yang menggemaskan. “Terimakasih LMI dan Klinik PHC Banjarmasin,” ungkap para orangtua dengan sumringah.

Sementara itu, para peserta juga mendapat bingkisan dan uang saku.  Acara pemeriksaan dan cuci karang gigi untuk yatim dan dhuafa itu adalah rangkaian event Tarhib Ramadhan 1439 H yang dilaksanakan oleh Laznas LMI di 20 kota dan 5 provinsi.

Kegiatan sambut Ramadhan itu akan digelar mulai 9 sampai 14 Mei 2018. Dengan acara tersebut, anak-anak dapat melaksanakan puasa dengan gigi bersih dan mulut yang sehat.

Laznas LMI menyampaikan apresiasi terbesar kepada Klinik PHC Banjarmasin yang telah bekerjasama dalam pelaksanaan pemeriksaan gigi anak-anak yatim dan dhuafa. “Semoga kerjasama ini berkah dan berkelanjutan,” ucap Khoirul Nur Mustaqim, Kepala Kanwil LMI Kalsel.