Suwarna, janda yang kini hidup seorang diri di rumah yang hampir rubuh sejak putra semata wayangnya menikah tiga tahun lalu. Perempuan 62 tahun ini telah menempati rumah semi permanen selama 15 tahun di Kanigaran, Kota Probolinggo. Selama itu pula Suwarna juga belum pernah melakukan perawatan.

Kondisi rumah Suwarna pun cukup memprihatinkan. Terdapat banyak lubang di dinding rumah yang terbuat dari anyaman bambu. Untung menghalau tikus agar tidak mudah keluar masuk, dia menutupnya dengan triplek. Gentengnya pun banyak yang pecah. Saat hujan turun dia harus bersahabat dengan kondisi rumah yang bocor. Menurut informasi dari ketua RT setempat, dua tahun yang lalu bagian belakang rumah ini pernah roboh karena angin dan struktur bangunan yang kurang kuat. Beruntung, warga sekitarnya memiliki inisiatif untuk bergotong royong membangun kembali bagian belakang rumah Suwarna.

Sehari-hari perempuan paruh baya ini mencari nafkah dengan menjadi tukang pijat panggilan. Namun, panggilan untuk memijat datang tak menentu. Bahkan, tidak jarang dalam satu bulan tak ada panggilan sama sekali. Selain tukang pijat, Suwarna juga menerima pekerjaan sebagai tukang kupas kelapa. Itu pun juga tidak datang setiap hari. Penghasilan per bulannya tidak lebih dari Rp400.000 yang hanya cukup untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Di bulan Agustus lalu melalui program Rumah Ceria Indonesia (RUCERI) LMI turut memberikan bantuan perbaikan rumah Suwarna. Pada saat Laznas LMI datang mengantarkan semen dan cat tembok, senyum terukir di bibirnya dan ucapan terima kasih yang terus disampaikan. β€œMator sakalangkong LMI, delem kawule tambah begus,” tuturnya dalam bahasa Madura. Kini dinding yang awalnya terbuat dari anyaman bambu telah disemen dan diperbarui warna catnya.

Laznas LMI
Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
0822 3000 0909
www.lmizakat.org
————————–
πŸ“„ SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
πŸ† Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
πŸ“ˆ Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian