Pasuruan—Sabtu (9/02), Tim @rnpb_id Laznas LMI menjadi narasumber dalam Pengenalan Bencana di Pasuruan dalam lokakarya Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (IPKINDO) DPW Provinsi Jawa Timur dan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur. Acara ini menghadirkan 100 peserta penyuluh perhutanan dan dihadiri pula oleh Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana.

Acara ini dibuka dengan penanaman bibit pohon oleh para penyuluh di hutan bersama Sanggar Indonesia Hijau (SI HIJAU). Dinas Kehutanan pada kesempatan ini menyampaikan bahwa para penyuluh kehutanan adalah ujung tombak dari dinas kehutanan yg langsung bersentuhan dengan masyarakat. Melalui mereka program-program dari pemerintah dapat tersampaikan.

Irfan Nurdiansyah, pemateri dari RNPB Laznas LMI menyambung informasi terkait pengenalan bencana, khususnya di Jawa Timur. Dia menyampaikan bahwa para penyuluh memiliki peran besar dalam upaya tindakan preventif terhadap beberapa bencana, seperti banjir dan longsor. Keberadaan tim penyuluh mampu membentuk kelompok masyarakat yang sadar potensi bencana dengan rutin mensosialisasikan tindakan-tindakan apa saja yang dapat dilakukan.

Belakangan ini masyarakat di sekitar lereng gunung kerap menebang pohon untuk menggantinya dengan tanaman sayur, padahal akar sayur-mayur dan palawija kurang dapat menahan laju air permukaan tanah.

Irfan pun menambahkan bahwa salah satu aksi nyata yang dapat dilakukan oleh masyarakat agar terhindar dari longsor dan banjir adalah menanam pohon berakar tunggang seperti pohon nangka dan mangga, tanpa harus berhenti menanam sayuran. Tanaman kayu berkambium memiliki akar yang dapat menyimpang cadangan air di tanah, sehingga risiko banjir dan longsor dapat dikurangi.
.
Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
📈 Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian
.
.
#Lazaslmi #bpbd #pengenalanbencana #IPKINDO #penghijauan #pencegahanbencana