Tuban, Jumat (24/8)—Salah satu wilayah penyembelihan dan penyaluran qurban LMI unit layanan Bojonegoro adalah daerah terpencil di Kecamatan Grabagan, Tuban. Titik lokasi tepatnya berada di Dusun Pilang, Desa Waleran.

Daerah ini berada di kawasan perbukitan kapur, sehingga sangat terasa medannya yang teramat tandus akibat musim kemarau. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi tim penyaluran ‘Qurbanholic’, sebab untuk mencapai lokasi ini tidak mudah. Selain perjalanan yang membutuhkan 45 menit dari kecamatan Grabagan, askes untuk menuju lokasi ini  masih berupa jalan setapak berbatu.

Dusun Pilang ini termasuk daerah yang berpenduduk jarang. Bahkan, jarak satu rumah dengan rumah yang lain pun saling berjauhan. Saat ini daerah paling terpencil di Tuban tersebut baru dihuni oleh 50-an KK dengan jumlah penduduk sekitar 120-an jiwa.

Terdapat 5 ekor kambing yang disembelih di sini dan disalurkan kepada seluruh warga di Dusun Pilang. Saat menerima bagian daging, rona bahagia tampak jelas dari sorot mata warga di sana. Menurut pengakuan Munaji, ketua RW Dusun Pilang, beberapa tahun ini belum pernah merasakan daging qurban setiap idul adha. “Ada pembagian daging, tapi biasannya tidak merata karena berasal dari satu anggota keluarga untuk berbagi kepada saudara dekatnya,” tuturnya.

Selanjutnya, ia mengucapkan syukur atas perhatian dari LMI yang telah memilih Dusun Pilang sebagai tempat penyembelihan dan penyaluran hewan qurban. Sekaligus berharap, dengan berawal dari LMI ini semoga menjadi pembelajaran bagi warga masyarakat agar qurban tahun depan warganya terdorong untuk berqurban walau dalam berbagai keterbatasan.

————————-

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
📈 Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian