MALANG – Program #QurbanHolic 1439 H Laznas LMI tahun ini difokuskan di daerah rawan pangan, rawan bencana, dan rawan aqidah baik di Indonesia maupun luar negeri.

Selama dua hari berturut-turut, Kamis (23/8) dan Jumat (24/8) Laznas LMI Perwakilan Jawa Timur Area 2 menyalurkan 3 ekor sapi, 41 ekor kambing dan  domba. Penyembelihan seluruh hewan dari para mudhohi (pequrban) tersebut dipusatkan di Dusun Dadapan, desa Tlogorejo, Kec. Pagak, Kab. Malang.  Kemudian, daging qurban tersebut akan disalurkan untuk 1.200 penerima manfaat di wilayah daerah rawan aqidah Malang Selatan yang meliputi Kecamatan Pagak, Donomulyo, Kalipare, dan Sumbermanjing.

Puluhan hewan qurban tersebut merupakan sumbangan dari para donatur Laznas LMI Unit Layanan Malang, Majelis Ta’lim Telkomsel (MTT) Jawa Timur, PT. Telkomsel dan Komunitas Debu Langit. Hadir pula dalam acara tersebut ketua MTT Jawa Timur, Perwakilan PT. Telkomsel, Ketua Komunitas Debu Langit, Kepala Kanwil Laznas LMI Jawa Timur, dan Dirut Laznas LMI Agung Heru Setiawan.

Desa Tlogorejo sendiri dipilih sebagai lokasi penyembelihan karena di sini terdapat kurang lebih seratusan kepala keluarga yang memeluk Agama Hindu. “Ini juga sebagai sarana dakwah syiar Islam dengan memberikan manfaat daging qurban kepada saudara-saudara kita yang belum seiman”, ujar Deny Faritasari selaku ketua pelaksana program Qurban Holic yang sekaligus Manajer Laznas LMI Area 2 Jawa Timur.

Sementara Erwien, Ketua Komunitas Debu Langit menyampaikan bahwa ini adalah event pertama mereka bekerja sama dengan Laznas LMI untuk program penyaluran hewan qurban. Komunitas ini sebelumnya bergerak di bidang sosial seperti membantu penyandang disabilitas dan  menghimpun pengadaan untuk keperluan berbagai masjid di Malang. Sembari menitikan air mata, Erwien berharap agar komunitas yang dipimpinnya ini menjadi sebab bertambahnya bekal pahala menuju hari pembalasan kelak.

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan serah terima hewan qurban secara simbolis dan dilanjutkan dengan berbagai macam lomba guna memeriahkan dan menghibur warga Desa Tlogorejo. Jenis lomba tersebut diantaranya makan kerupuk, lari kelereng estafet, lari karung, dan memasukkan paku ke dalam botol secara berkelompok. Tidak kurang dari 350 orang antusias memeriahkan acara ini, terbukti dari ludesnya 300 kupon doorprize yang disediakan oleh panitia.

————————-

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
📈 Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian