Rubrik Konsultasi Syariah

Pertanyaan

Assalamualaikum, Ustaz

Ibu saya sering melakukan kekerasan kepada anak-anaknya, baik secara verbal maupun fisik. Sejak kami kecil hingga sekarang beliau suka bersikap dan berkata kasar. Perbuatan ibu sangat menyakiti saya. Saya harus bagaimana, Ustaz?

Salam,

Nurul

 

Jawaban

 

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

Sebagai seorang anak, Anda tetap diwajibkan berbakti dan memuliakan orang tua, terutama ibu. Bahkan jika Ibu Anda tidak beriman kepada Allah sekalipun. Namun ada batasnya, yaitu jika perintahnya bertentangan dengan perintah Allah dan Rasulullah berdoa semoga ibu dibuka hatinya. Jika sebagai anak Anda justru berbalik memusuhi, maka masalah tidak akan selesai. Selemah-lemahnya seorang muslim, dalam hal ini Anda sebagai anak kepada orangtua, maka maafkanlah ibu Anda. Tapi, akan jauh lebih baik jika Anda mampu berbuat baik terus menerus sambil berdoa agar ibu Anda dibuka hatinya.

وَجَزَاءُ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا ۖ فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

“Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah.  Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Syura: 40)

Alangkah indah jika Anda tidak hanya memaafkan, tapi juga berbuat baik kepada Ibu sebagai bentuk dakwah, sebagaimana akhlak seorang muslim yang baik. Wallahua’lam.