Sudahkah kita membelanjakan harta dengan benar?

Di setiap akhir tahun selalu kita seakan – akan dimanjakan dengan bigsale atau diskon. Mall dan toko berlomba – lomba menyajikan harga yang jauh murah dibanding biasanya. Diskon – diskon ini pun semakin gencar digelar di berbagai e-commerce.

Besar nya potongan harga itu menggoda konsumen untuk segera membeli barang tersebut, akibatnya para konsumen pun berbelanja bukan lagi karena kebutuhan, tetapi demi diskonan. Ini yang perlu diwaspadai, yaitu mengakibatkan budaya konsumerisme. Pada Al Qur’an surat Al Isra’ ayat 26-27 Allah berfirman “…dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara – saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.”

Pengendalian diri untuk tidak tergiur bigsale tentu perlu adanya kemauan yang kuat. Kita perlu berani untuk saling mengingatkan ketika melihat saudara kita begitu banyak berbelanja, apakah sudah ditunaikan zakatnya? Atau apakah masih ada anak – anak yatim dan orang miskin yang membutuhkan?

Klik untuk download gratis —> Ebook Majalah Laznas LMI Edisi Desember 2018