11. Cover Oase Nopember 2015

Allah menciptakan bumi dan seisinya untuk manusia, agar manusia kemudian beriman dan menyadari kebesaranNya. Bukan hanya itu saja, Allah pun menjadikan manusia sebagai khalifah di muka bumi, sebagai pemimpin dan juga diberi tangung jawab pengelolaan alam semesta untuk kesejahteraan umat manusia, karena alam semesta memang diciptakan Allah untuk manusia.

Karena itu, mengelola bumi dan seisinya menjadi tugas bagi manusia dalam hidupnya. Karena manusia tidak hanya hidup untuk dirinya saja, namun manusia pun mewariskan bumi dan seisinya kepada anak cucu, sehingga tentu perlu dijaga kelestariannya.

Namun yang terjadi kini, sungguh tak pernah disangka, ketika bumi yang semakin tua dan rapuh, namun tingkah laku manusia justru semakin tak terkendali. Sekian juta hektar hutan alam, dirambah, ditebang dan berubah fungsi menjadi hutan produksi tanpa ada penanaman kembali. Bantaran sungai yang mestinya menjadi rumah bagi hewan air dan juga tempat resapan air, berubah fungsi menjadi pemukiman masyarakat.

Banyak cara untuk melakukan pelestarian lingkungan, baik secara personal maupun secara massif. Diantaranya adalah dengan melakukan penanaman dan penghijauan.

Begitu pentingnya peran tumbuhan di bumi ini dalam menangani krisis lingkungan baik di perkotaan maupun pedalaman, sangat tepat jika keberadaan tumbuhan mendapat perhatian serius dalam pelaksanaan penghijauan.

Dan tanggung jawab untuk melakukan penanaman, bukan hanya ada pada pemerintah semata, namun juga menjadi kewajiban kita semua dalam melaksanakan penanaman dan penghijauan.

Link versi Baca Online —> Baca Majalah Oase edisi November 2015 versi PDF Online
Link Download Gratis  —> Ebook Majalah Oase Edisi November 2015