Sambut Milad, Ikhtiar Menebar Manfaat

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

Para donatur Laznas LMI, semoga Allah SWT terus memberikan kejayaan, perlindungan, taufik, hidayah, dan inayahNya kepada kita. Sungguh bulan ini merupakan momen istimewa bagi kita semua keluarga besar Laznas LMI.

Sebab, September ini kita bersama-sama memperingati kelahiran LMI yang ke 23. Dari awalnya LMI menjadi lembaga amil zakat yang berkhidmat di Jawa Timur, hingga kini mampu berperan aktif secara nasional.

LMI lahir untuk membawa misi rahmatan lilalamin. Dengan usia 23 tahun, LMI telah beroperasi secara nasional diberbagai wilayah NKRI. Terutama di lima provinsi. Yaitu, Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Selatan.

LMI juga mendapatkan Baznas Award untuk kategori Laznas dengan Pendayagunaan dan Pendistribusian Dana Terbaik di Indonesia. Alhamdulilah. Tercatat, ada 95 ribu penerima manfaat bantuan di seluruh Indonesia dan dunia. Jumlah donaturnya mencapai 35 ribu orang.

Selain itu, LMI berhasil melaksanakan berbagai program unggulan. Seperti Desa Inspiratif. Ada empat desa di Indonesia yang menjadi percontohan program tersebut. Yakni, Desa Klepu di Kabupaten Ponorogo, Desa Depok di Kabupaten Trenggalek, Desa Sungai Putat di Kota Palembang, dan Desa Cempaka di Kota Banjarbaru.

Selanjutnya, LMI memiliki Program Pendidikan berupa bantuan beasiswa yang telah dijalankan sejak 1998. Penerima beasiswa LMI adalah siswa dari keluarga tidak mampu yang sebagian juga anak yatim. Kemudian, pada 2015 LMI juga telah mengoperasikan SMP Ibnu Batutah. Sekolah tersebut diperuntukkan bagi siswa penghafal Al Qur’an. Para muridnya unggul di bidang sains dan Al Qur’an.

Di bidang kemanusiaan, LMI menunjukkan keterlibatan yang besar. Melalui RNPB (Relawan Nusantara Penanggulangan Bencana), LMI terlibat aktif dalam kasus bencana yang terjadi di Indonesia. Dalam tataran misi kemanusiaan internasional, LMI bergabung dengan AKIM (Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar) dan mengirimkan relawan langsung ke Myanmar dan Bangladesh.

Kontribusi program lain yang selama ini juga menjadi unggulan adalah pemberdayaan mualaf Klepu, Ponorogo. Program itu bahkan masuk di Outlook Zakat Indonesia. Para penerima manfaatnya sebagian besar mualaf dan daerahnya termasuk rawan aqidah.

Berbagai program yang bergulir menunjukkan bahwa dana zakat dapat memberikan pengaruh dan perubahan hidup seseorang agar lebih baik. Semua itu dapat terlaksana dengan baik berkat dukungan dana dari para donatur dan mitra, serta pengelolaan lembaga yang profesional.

Sementara itu, Laznas LMI sudah dua tahun ini sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional yang menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada laporan hasil audit tahun 2017 oleh tim Auditor KAP. Opini WTP ini diharapkan semakin mengokohkan posisi Laznas LMI dalam mengelola dana ZIS dari publik.

Penilaian opini WTP tersebut juga membuktikan komitmen dan kredibilitas Laznas LMI. Jadi, masyarakat semakin yakin dan percaya dengan LMI. Adalah amanah kami untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja lembaga sebagai wujud untuk mengoptimalkan kemanfaatan dana ZIS.

Momentum Milad ini juga menjadi saat yang tepat untuk melakukan konsolidasi motivasi bagi amil LMI.  Perlu kesadaran kalau profesi amil adalah jalan dakwah. Karena sesungguhnya, lembaga amil zakat adalah lembaga dakwah. Memilih jalan dakwah haruslah dibuktikan dengan pengorbanan besar. Yaitu pengorbanan waktu, harta, tenaga, bahkan jiwa.

Selanjutnya, melakukan konsolidasi orientasi, yakni hanya menjadikan Allah dalam setiap tujuan. Orientasi itulah yang pada gilirannya akan melahirkan semangat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Dan yang tidak kalah penting adalah konsolidasi integrasi. Yaitu kerja profesional secara totalitas dan menyeluruh. Setiap potensi amil dapat teringrasikan demi terwujudnya cita-cita dan tujuan mulia lembaga sehingga peran LMI dalam pengelolaan dana Ziswaf mampu menjadi solusi problematika ummat.

Laznas LMI menyampaikan terima kasih kepada para donatur, mitra, relawan, dan semua pihak atas partisipasi dan donasinya yang dipercayakan kepada kami untuk dikelola. Semoga Allah SWT memberikan balasan atas amal ibadah Anda semua.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Klik untuk download gratis —> Ebook Majalah Laznas LMI Edisi September 2018

Klik untuk download gratis —> Ebook Buletin Laznas LMI Edisi September 2018