Muliakan Guru, Muliakan Ilmu

Semua pasti punya guru. Keberadaan kita saat ini pun ada peran besar dari seorang guru, sosok yang mengajarkan berbagai macam ilmu pengetahuan dan mendidik kita sehingga menjadi orang yang mengerti arti kehidupan. Kita berhutang budi kepada mereka atas semua yang kita raih sejak kecil hingga saat ini. Oleh sebab itu, sudah selayaknya kita menghormati dan memperlakukan mereka secara baik.

Semua yang telah mendidik dan mengajarlan ilmu kepada kita adalah guru. Di dalam Islam guru disebut ulama, orang yang menguasai ilmu tertentu dan mempunyai kewajiban untuk diajarkan kepada orang lain. Orang jawa sering menyebut guru itu adalah orang yang digugu dan ditiru, artinya orang yang kita percaya, diyakini kebenaran atas ajarannya, serta menjadi tauladan panutan oleh orang lain.

Istilah guru bisa juga dianggap pewaris para nabi, karena lewat sosok tersebut wahyu atau ilmu para nabi diteruskan kepada umat manusia. Menghormati guru berarti penghargaan terhadap anak-anak kita. Melalui guru itulah mereka hidup dan berkembang. Sesuai dengan ketinggian derajat dan martabat seorang guru, tidak heran kalau para ulama sangat menghormati guru-guru mereka. Sikap yang senantiasa rendah hati terhadap gurunya, meskipun di kemudian hari ilmu yang ia miliki sudah lebih banyak ketimbang gurunya terdahulu.

Laznas LMI memberikan apresiasi dan penghormatan kepada guru melalui program pendidikan berupa Guru Pintar, Peduli Guru Qur’an dan Da’i. Semoga aktivitas para guru senantiasa tercatat sebagai ibadah dan pahalanya terus mengalir yang akan mendatangkan kesejahteraan, kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Klik untuk download gratis —> Ebook Majalah Laznas LMI Edisi November 2018