Banyuwangi – Wangi masakan menyeruak dari sebuah dapur umum di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur kemarin (27/6). Ratusan piring berisi semur asam daging dan tempe kipas menjadi sajian istimewa bagi para korban banjir bandang.

Tim Relawan Nusantara Penanggulangan Bencana (RNPB) Laznas LMI mendirikan dapur umum dan menghidangkan makanan bagi 120 warga dan relawan. Meski berada di tengah bencana, masyarakat tetap bisa merasakan kebahagiaan dengan mencecap makanan yang nikmat. “Tim RNPB sejak pukul 03.00 WIB sudah belanja ke pasar untuk mempersiapkan makan pagi ini. Lalu langsung diolah dan disiapkan,” ujar Koordinator RNPB Laznas LMI Susanto.

Dapur umum itu kemarin melayani warga Dusun Wonorekso dan Dusun Karangasem serta relawan dari berbagai lembaga. Tidak hanya sarapan tapi juga untuk makan sore. Menu sore pun sehat. Yakni sop ceker dan tahu kremes.

Masyarakat yang menikmati sajian dapur umum mengakui rasanya enak. Selain itu, dapur umum LMI juga memiliki dekorasi yang bagus sehingga tidak seperti dapur umum biasa. “Awalnya saya kira warung, karena dekorasinya bagus. Terus saya lihat ada tulisan makanan gratis, saya dan tim yang baru membersihkan rumah warga langsung mampir kemari untuk makan,” ujar Sohib, salah satu relawan dari Kecamatan Genteng, Banyuwangi.

Pos dapur umum RNPB Laznas LMI memang ramai di datangi warga dan para relawan yang menjalankan tugas kemanusian. “Terima kasih atas menunya yang berbeda dengan dapur umum biasanya. Lebih segar,” ujar  Dita, salah satu relawan.

Sementara itu, upaya pembersihan material pasir dan kayu pasca banjir bandang pada Jumat (22/6) juga terus berlangsung. Para relawan yang berada di lokasi juga tetap bisa menyalurkan hak suara untuk pemilihan gubernur Jatim. Baru setelah pencoblosan relawan melanjutkan aksi kemanusiaan.

Sebagian tim RNPB dan empat orang relawan dari Genteng, Banyuwangi menuju lokasi Dusun Bangunrejo untuk pembersihan pasca banjir. Sisa tim RNPB lainnya tetap di pos dapur umum dan menyiapkan makanan gratis untuk warga dan relawan. “Insya Allah RNPB menyediakan dapur umum sampai Jumat (29/6),” ujar Susanto.

Mari salurkan bantuan terbaik Anda bagi warga Banyuwangi melalui Laznas LMI. Apapun akan sangat berarti bagi mereka.

————————-

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
📈 Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian