Karimun – Jauhnya jarak sekolah dari tempat tinggal tidak menjadi hambatan bagi anak-anak Pulau Tanjung Batu Kecil, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Sebab, Karimun memang menjadi salah satu wilayah perbatasan yang berbatasan dengan negara tetangga. Yakni Singapura dan Malaysia.

Sementara itu, Desa Tanjung Batu Kecil adalah sebuah pulau kecil yang cukup jauh jaraknya dari pusat kota Karimun. Akses yang dapat ditempuh dari pusat kota ke desa tersebut hanya mengunakan transportasi laut.

Yakni, kapal kayu bermesin kecil dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Untuk meraih pendidikan yang layak, anak-anak harus menempuhnya setiap hari. Perjalanan semakin sulit jika hari hujan.

Selain itu, desa tersebut hanya memiliki sekolah dasar dan menengah pertama. Sekolah tingkat atas tidak ada. Akibat keterbatasan tersebut, anak-anak yang ingin melajutkan ke pendidikan yang lebih tinggi harus menyebrang kembali ke Pulau Buru. Itu pun harus dengan mengunakan kapal perahu selama 20 menit perjalanan.

Meski perjuangan sekolah cukup berat, semangat untuk maju dan senyum selalu terpancar dari wajah-wajah mereka. Keterbatasan membuat mereka tercambuk untuk terus giat dan semangat belajar.

Karena itu, Laznas LMI menyalurkan beasiswa pintar kepada siswa dari Pulau Tanjung Batu Kecil yang merupakan siswa dari SMAN 01 Buru.

Tim LMI disambut dengan suka cita oleh siswa dan orang tua siswa. Madi, salah satu orang tua siswa penerima manfaat dari LMI menyampaikan rasa syukurnya. “Kami sangat sangat berterima kasih banyak buat LMI yang sudah bersusah payah ketempat kami dan peduli dengan kami,” katanya.

Dengan penyaluran itu, LMI menjadi lembaga zakat pertama yang menyalurkan bantuan beasiswa rutin bagi siswa di pulau Tanjung Batu Kecil. “Semoga dengan beasiswa dari LMI ini anak-anak kami semakin giat belajar, terima kasih kami ucapkan buat donatur LMI semoga mendapat balasan dari Allah, Aamiin,” ungkap Madi. (wrs)

Laznas LMI
Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
0822 3000 0909
www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
📈 Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian