Nuriah tinggal di Tinggiran Luar II, Tamban, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Sehari-hari ibu satu anak ini berjualan kue basah dengan keuntungan rata-rata Rp200.000 per minggu. Memenuhi kebutuhan keluarga tanpa suami dengan menjajakan dagangan sendiri sudah dijalaninya bertahun-tahun.

Namun, rutinitas ini berubah sejak memulai usaha kuliner dengan permodalan dari program Aisukami.

Sebagai salah satu program Laznas LMI dalam memajukan perekonomian umat, sekaligus upaya meningkatkan kesadaran gizi di masyarakat, Nuriah pun awalnya sempat ragu menerima bantuan modal. Barito Kuala bukan daerah perniagaan dan jauh dari keramaian kota.

Hingga akhirnya, keluarg

a besar mendukung Nuriah untuk hijrah, memulai hidup baru dengan tinggal dan membuka warung di Banjarmasin. Untuk sementara waktu, dia terpaksa berpisah dengan anak semata wayangnya yang kini berusia 6 tahun. Setelah kenaikan kelas di tahun ajaran baru nanti, mereka dapat kembali tinggal bersama di Banjarmasin.

“Kada (tidak) menyangka ulun (saya) dipilih dapat modal usaha warung, awalnya bujur (benar-benar) bingung. Semoga ini jadi langkah awal perubahan kehidupan ulun yang lebih bermanfaat untuk umat,” ujar Nuriah.

Ibu 40 tahun ini juga bekerja sama dengan dua orang yang sebelumnya mendapat pelatihan Aisumaki, yaitu Linda dan Yanti. Keduanya berpengalaman mengelola usaha makanan. Mereka bertiga membagi tugas dalam mengatur keuangan, operasional, dan marketing.

Saat ini Nuriah membuka warungnya di jalan HKSN, Kuin Utara, Kota Banjarmasin. “Warung Barokah” merupakan nama yang dipilih untuk usaha kuliner ikan ini, dengan harapan rezeki atas usaha yang mereka lakukan selalu diberkahi Allah Swt. Ke depan, warungnya akan menjual kupon traktir makan untuk yatim dan dhuafa ke kantor-kantor pemerintahan.

Semoga program Aisumaki dapat segera dirasakan manfaatnya secara maksimal oleh saudara kita yang membutuhkan.

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik