Menjaga kesehatan gigi sama pentingnya seperti menjaga organ tubuh yang lain. Bayangkan, bila salah satu gigi kita sakit, sangat mengganggu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi, risiko kerusakan pada gigi dapat berdampak pada terganggunya organ lain.

Ahad, 17 Maret 2019 Unit @lmingawi bekerja sama dengan @pdgi_jawatimur mengadakan Program Memeriksa Gigi dan Membersihkan Karang Gigi (CUKAGI) di Puskesmas Ngawi Purba. Kegiatan ini diikuti oleh 51 peserta dari adik-adik yatim dan dhuafa yang meliputi screening gigi, pembersihan karang gigi, serta tindakan cabut gigi pada kondisi tertentu.

Acara ini berlangsung dengan semarak, suasan ria dan gembira oleh antusias para peserta. Empat dokter dari PDGI bergantian memberikan bimbingan terkait kesehatan Gigi. Mereka adalah drg. Carda Kurniawan, drg. Desi, drg Indah Fajarwati, dan drg. Saida Alfiani.
drg. Desi menyampaikan bahwa kegemaran pada makanan manis dan kurang perhatiannya dalam menggosok gigi menjadi faktor utama mengapa karang gigi sering muncul di usia dini. Maka, sebelum tindakan pembersihan karang gigi, keempat dokter tersebut mempraktikkan bagaimana cara menyikat gigi yang benar untuk memaksimalkan kebersihan mulut.

Seluruh peserta mengikuti screening gigi sebelum dilakukan tindakan. Ternyata kurang lebih 10 peserta dari total keseluruhan mengalami gigi berlubang dan kerusakan gigi sehingga diperlukan tindakan lanjutan. Selain dari mereka, peserta yang mendapat tindakan membersihkan karang gigi berlangsung dengan cepat.
Lia (9), salah satu peserta menuturkan bahwa ia merasa takut ketika diperiksa, namun setelah dilakukan tindakan pembersihan karang gigi ternyata tidak seburuk yang dia pikirkan. Giginya menjadi lebih bersih dan lebih ringan digunakan untuk makan. Ia menyampaikan terima kasih telah diikutsertakan dalam program CUKAGI.
.
.
Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–