Konsultasi Zakat

Oleh: Ustaz Ahmad Mudzoffar Jufri, MA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah saya memiliki penghasilan perbulan sekitar 6,5 juta dengan kebutuhan hidup perbulan sebesar 2 juta. Tetapi saya juga punya cicilan bank sebesar 1,7 juta dan cicilan membeli emas LM di pegadaian sebesar 1,3 juta, sisanya sebesar 1,5 juta saya simpan di tabungan. Berapa besar zakat profesi yang harus saya keluarkan setiap bulannya dan juga berapa besar zakat harta dari tabungan yang saya miliki? Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Agus

Jawaban :

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Kaedah penghitungan dan penetapan nishab zakat profesi menurut Dr. Yusuf Al-Qaradhawi, secara singkat, adalah sebagai berikut: akumulasi penghasilan bruto selama satu tahun dikurangi akumulasi kebutuhan pokok (bukan pengeluaran riil yang tidak jarang berbeda dengan kebutuhan pokok) selama satu tahun, dan tanggungan utang-utang jatuh tempo (yang wajib dibayar pada tahun itu). Jika hasilnya mencapai nishab emas yang sekaligus merupakan nishab zakat profesi, yakni 85 gram emas murni, maka berarti yang bersangkutan telah terkena kewajiban membayar zakat profesi dengan kadar 2,5% dari penghasilan nettonya tersebut.

Nah terkait pertanyaan Saudara Agus, untuk mengetahui apakah penghasilan profesi Saudara sudah mencapai nishab ataukah belum, silakan pendapatan perbulan yang 6,5 juta itu diakumulasikan selama satu tahun, yakni dengan dikalikan 12 bulan atau 13 bulan jika ada gaji ke-13. Lalu silakan dikurangi dengan kebutuhan pokok plus tanggungan hutang-hutang yang harus ditunaikan selama setahun itu. Jika hasilnya mencapai minimal nishab yang telah disebutkan dimuka, berarti Saudara telah wajib membayar zakat profesi 2,5 % dari pendapatan netto perbulan. Atau boleh juga jika pembayaran zakat profesi dilakukan sekaligus di akhir tahun. Adapun jika hasil netto pendapatan Saudara tidak mencapai nishab maka berarti Saudara belum berkewajiban membayar zakat profesi.

Sedangkan untuk sisa penghasilan perbulan yang ditabung itu, maka juga berpotensi untuk terkena wajib zakat tersendiri, yakni zakat tabungan. Dan hal itu sama saja, baik dalam kondisi telah dibayarkan zakat profesinya perbulan, karena telah mencapai nishab seperti yang telah dikemukakan diatas, ataupun belum. Yakni jika dana yang terhimpun dalam tabungan tersebut telah mencapai nishab, yakni 85 gram emas, maka zakat 2,5 %-nya wajib dibayarkan setiap tahun, selama nominal tabungan tidak kurang dari batas minimal nishab.

Demikian jawaban yang bisa kami berikan. Semoga bisa dipahami dan bermanfaat. Wallahul Muwaffiq ila aqwamith thariq, wa Huwal Hadi ila sawa-issabil.