Dukung perjuangan seorang Ibu yang menjadi Tukang Potong Ayam

BLITAR – Kartini masa kini masih harus berjuang, namun dengan cara yang berbeda. Berjuang untuk masa depan sang generasi penerus. Itulah yang menjadi motivasi kuat bagi seorang ibu dari Blitar, Jawa Timur bernama Siti Mai Mona. Dia terus bekerja keras dan rela bersusah payah demi menghidupi enam anak yang masih sekolah.

Demi mencukupi kebutuhan keluarganya, Mai Mona mencoba usaha baru dengan dukungan sang suami, Imam Nawawi yang selama ini bekerja sebagai freelance di salah satu perusahaan leasing kendaraan di Kabupaten Blitar. Usaha tersebut adalah potong ayam yang memang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Awalnya, Mai Mona hanya mengambil tiga sampai lima ekor ayam dari peternak. Kemudian, ayam dipotong dirumah. Selanjutnya, dijajakan keliling ke warga sekitar rumah. Setiap harinya, Mai Mona hanya mampu maksimal mengambil sepuluh ekor ayam karena terkendala waktu pemotongan dan membersihkan ayam-ayam yang masih dilakukan secara manual sebelum dijual ke warga sekitar. “Tak terasa usaha ini berjalan sudah tujuh tahun. Jumlah ayam potong yang kami ambil dari peternak setempat kurang lebih 10 kg dengan omset Rp. 200 ribu,” ungkapnya.

Melihat kendala tersebut, Laznas LMI menyalurkan bantuan berupa mesin cabut bulu ayam (CBA). Dengan begitu, proses membersihkan bulu ayam dapat lebih cepat sehingga ayam potong dapat segera dijual ke warga. Kini, jumlah ayam yang dipotong meningkat dari 10 kg menjadi 20 kg.
Semoga bantuan itu mampu meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga Mai Mona. Dengan begitu, anak-anaknya dapat terus bersekolah. Terimakasih kepada seluruh muzakki Laznas LMI. Zakat Anda ikut memberdayakan Perempuan Indonesia. Mari tingkatkan kepeduliaan kita, agar perempuan Indonesia semakin berdaya.

————————-

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
📈 Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian