Wisuda Santri penghapal quran 2Madiun – Hari kedua Ramadhan 1437 H, SMP Ibnu Batutah Madiun melaksanakan Haflah Akhirussanah/ Perpisahan akhir tahun di Masjid At Tauhid Dusun Kluwung, Desa Cabean, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun. Acara ini merupakan pelepasan santri yang berhasil menjadi penghapal Quran. Acara ini juga menampilkan pidato bahasa Inggris yang dibawakan oleh ananda Mohammad Rafly Fajrul Ashfiya (kelas 7) dan pidato bahasa Arab oleh ananda Nadiyatul Lathifa, yang merupakan peraih juara I lomba Pidato bahasa Arab se-Karesidenan Madiun yang diadakan di MAN 2 Madiun pada bulan Januari 2016 lalu.

Saat prosesi wisuda, anak-anak melakukan tasmi’ jama’i dengan dipimpin oleh ananda David Anwar Ikhsanudin. Pada angkatan I ini, telah mewisuda 15 hafizh/hafizah. Wisudawan/wisudawati berjumlah 12 orang telah menyelesaikan hafalah 30 juz dengan predikat memuaskan. Tiga di antaranya menyelesaikan hafalah 17 juz, 23 juz, dan 26 juz.

Di antara wisudawati, ada penghafal 30 juz tercepat ialah ananda Fadhilah Haifa’ Afifah. Melalui program percepatan menghafal al-Qur’an, ananda bisa menghafal dalam waktu 13 bulan. Ananda yang penyuka pelajaran matematika ini, mempunyai cita-cita menjadi Dosen Matematika. Pada ujian tasmi’ merupakan peraih nilai tertinggi yaitu 95 .

Usai mewisuda 14 calon wisudawan/wati diikuti dengan acara bakti sosial kepada 30 orang warga kurang mampu. Disusul acara buka bersama para wisudawan/wati dengan tamu undangan dan ssholat Maghrib berjamaah. (Rin)