“Anak-anakku, kalian harus sukses. Ndak boleh minder, malu, karena Allah tidak pernah membedakan hamba-Nya. Ayo, makan ikan. Ada omega-3 yang akan membantu mencerdaskan. Nanti, kalau kalian sudah besar, kalian bisa bantu anak-anak lain yang membutuhkan. Siap?!” Begitu lantang suara Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini @trirismaharini01 yang berdiri di tengah-tengah anak yatim dan dhuafa binaan Laznas LMI.

Hari ini (3/11), Risma hadir pada puncak acara AISUMAKI di Surabaya. Dia mengapresiasi gerakan pemberdayaan yang digagas oleh Laznas LMI, sekaligus mewanti-wanti anak yatim dan dhuafa agar semangat sekolah dan memakan ikan yang dapat mencerdaskan.

Paparan Wali Kota Surabaya ini didukung oleh permainan “isi piring kita” yang disampaikan oleh ahli gizi dari Poltekkes Surabaya. Bahwa, dalam porsi makan yang seimbang harus ada protein. Dari sumber protein terbaik yang ada, ikan adalah yang terbaik. Selanjutnya, harus ada sayur yang menyehatkan.

Pada acara ini, anak-anak juga diajak untuk ikut meminimalisasi sampah. Sebab, sampah sudah banyak meracuni biota laut yang kemudian juga dimakan manusia. Citra Widuri selaku Direktur Pelaksana mengatakan bahwa LMI akan turun menjaga kelestarian alam, termasuk gerakan zero waste.

Pelatihan AISUMAKI dimulai pada Jumat (1/11) dan Sabtu (2/11) di kantor pusat Laznas LMI. Sedangkan hari ini peserta AISUMAKI bertugas memasak untuk seluruh tamu undangan yang berjumlah hingga 250 orang. Menu yang terhidang di antaranya ikan bakar dan kakap goreng bumbu acar.

Laznas LMI⁣⁣
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya⁣⁣
☎ 0822 3000 0909⁣⁣
🌐 www.lmizakat.org⁣⁣