Surabaya – Laznas LMI terus menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu lembaga amil zakat terbaik di Indonesia. LMI menjadi jujukan belajar bagi banyak badan amil zakat lain. Seperti hari ini (14/11). Baznas Kota Padang melakukan studi banding ke kantor pusat Laznas LMI di Surabaya.

Sebanyak tujuh orang termasuk Ketua Baznas Kota Padang Episantoso diterima dengan hangat oleh Direktur Utama Laznas LMI Agung Heru Setiawan. Turut mendampingi ada Senior Manajer Penghimpunan dan Komunikasi Dimas Pamungkas, serta Senior Manajer Pendayagunaan Guritno.

Dalam kunjungannya, Baznas Kota Padang ingin mengetahui rahasia kesuksesan Laznas LMI sehingga meraih penghargaan dalam bidang penyaluran dan pendayagunaan terbaik se-nasional. Mereka berharap bisa belajar pengelolaan zakat untuk persiapan penyusunan rencana kerja Baznas Padang tahun depan. “LMI dinilai kreatif dalam menghimpun dan mendayagunakan zakat, menjadi inspirasi banyak lembaga lain,” ujar Senior Manajer Penghimpunan dan Komunikasi Dimas Pamungkas.

Menurut dia, kedatangan tim Baznas Padang menjadi sarana untuk saling belajar memaksimalkan pengelolaan zakat. Kunjungan tersebut juga menjadi sinergi antara dua lembaga. Lebih besar lagi bertujuan agar menjadi resolusi hubungan yang lebih baik antara badan amil milik pemerintah dan swasta.

Sementara itu, dari hasil pertemuan terungkap Baznas Padang bakal melakukan optimalisasi penyaluran dana yang telah didonasikan masyarakat. Sebab, Baznas Padang menjadi lembaga zakat plat merah terbaik di Indonesia. Dalam satu tahun, dana yang dihimpun dari masyarakat mencapai 25 miliar. Angka yang cukup besar di banding BAZ di kota-kota lain seantero negeri.

”Semoga dari pertemuan ini LMI juga lebih baik lagi pengelolaannya,” ucap Dimas. Selain kunjungan dari Baznas Padang kemarin, LMI selama ini telah menjadi tujuan studi banding dari LAZ (Lembaga Amil Zakat) berbagai kota dan provinsi. Seperti dari Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi Selatan. (nir)

Laznas LMI
Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
0822 3000 0909
www.lmizakat.org