Bangladesh – Ratusan ribu pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar, Bangladesh membutuhkan penerangan dan air bersih. Sebab, tenda-tenda pengungsian didirikan di atas lembah luas yang memang belum dihuni sebelumnya. Karena itu, belum ada pasokan air dan listrik yang memadai.

Kondisi tersebut menjadi perhatian besar dari tim relawan Laznas LMI yang berangkat ke Bangladesh. Selama sepekan hingga kemarin (3/1), Laznas LMI menyalurkan bantuan solar panel (panel surya) dan pembuatan pompa air. Direktur Utama Laznas LMI Agung Heru Setiawan dan Senior Manajer Pendayagunaan Guritno terjun langsung untuk memastikan pemanfaatan bantuan tersebut.

Sebelumnya, Laznas LMI melaksanakan survei dan supervisi solar panel di shelter pengungsi yang ada di kamp Kutapalong. Total pengadaan ada 200 unit solar panel. Kapasitas per unit adalah 20 watt. Itu cukup untuk dua lampu LED dan menyala dengan terang.

“Alhamdulillah solar panel berfungsi normal dan bisa menerangi kamp di malam hari,” ucap Guritno. Warga Rohingya yang menerima bantuan gembira dengan pendistribusian solar panel tersebut. Anak-anak hingga dewasa dapat beraktivitas dengan lebih baik ketika petang menjelang.

Sementara itu, bantuan pompa air juga berjalan maksimal. Pompa mengeluarkan air dengan lancar. Selain itu, Laznas LMI juga menyalurkan paket makanan, obat-obatan, dan prasarana madrasah untuk Rohingya di Bangladesh. (nir)

————————–
Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
💳 Rekening berbagi an. Lembaga Manajemen Infaq,
708 2604 191 (BSM)
Cantumkan kode donasi “30” di akhir nominal, misalnya Rp 1.000.030
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik