Madiun – Suasana yang berbeda tampak di sebuah sekolah yang cukup terpencil di Madiun, Jawa Timur. Jika biasanya sore hari sudah sepi, kini malah hidup. Sebab, sekitar seratusan siswa dan guru tengah menunggu adzan Maghrib berkumandang.

Pada Senin (4/5) itu, para siswa SDN Ngranget, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun sedang mengikuti kegiatan Buka Puasa Bersama oleh Laznas LMI. Tidak hanya murid, tapi juga guru-gurunya. Lokasi di sebuah sekolah di desa tersebut dipilih untuk memberi perhatian kepada masyarakat dan generasi bangsa di daerah terpencil.

Selain itu, untuk mensyiarkan semarak Ramadhan bagi masyakat, sebelum acara buka dimulai terlebih dulu ada kajian dan doa bersama. Dalam kajian dibahas terkait  keistimewaan Ramadhan pada 10 hari awal, 10 hari pertengahan, dan 10 hari terakhir.

Tidak hanya itu, ada juga pelaksanaan  beragam lomba. Di antaranya lomba adzan dan hafalan surat pendek. Bagi yang menang akan mendapat hadiah. Bagi para siswa yang lain juga menerima kenang-kenangan dan uang saku.

Semua rangkaian acara berlangsung meriah sehingga tidak terasa tiba waktu buka puasa bersama. Dengan takjil kurma, kolak, dan semangka, para siswa dan guru melepaskan dahaga. Selanjutnya, telah menanti menu bakso, ayam goreng, kering teme, mie, dan tahu.

Setelah puas bersantap bersama, dilanjutkan sholat Isya, tarawih serta witir berjamaah yang di imami oleh guru agama sekolah, yakni KH. Mahfudz S.Pd. Alhamdulillah, mari berbagi kebahagiaan berbuka bersama para pencari ilmu seperti di SDN Ngranget ini melalui program Buka Puasa Nusantara Laznas LMI.

————————-

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
📈 Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian