Pacitan – Bencana banjir dan tanah longsor di Pacitan tidak hanya merusak rumah-rumah warga. Sekolah pun menjadi salah satu objek paling vital yang mengalami kerusakan parah. Akibatnya, para siswa menjadi korban.

Kondisi tersebut terjadi di SDN Sirnoboyo, Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan, Kota Pacitan. Sebanyak 84 siswa dan siswi SDN Sirnoboyo 1 diliburkan mulai Kamis (30/11) hingga Senin (04/12). Sebab, sekolah terendam banjir setinggi satu meter.

Masalahnya, pekan ini para siswa mulai masuk lantaran sudah waktunya mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS). Karena itu, Tim Relawan Nusantara Penanggulangan Bencana (RNPB) Laznas LMI segera melakukan pembersihan sekolah pada Rabu (06/12). Tujuannya untuk memfasilitasi siswa-siswi agar bisa menggunakan ruang kelas.

Selain tim relawan, semua siswa juga ikut bersih-bersih SDN 1 Sirnoboyo. Salah satunya Arjuna. “Ini harus ngepel lantai ben (biar, Red) bisa buat ujian. Harusnya ujian dimulai hari Senin tapi ditunda karena harus mengeluarkan buku dan peralatan sekolah yang basah,” ujar bocah berusia 12 tahun tersebut. Siswa kelas VI itu bersama teman-temannya membersihkan seisi kelas.

Termasuk para guru pun ikut kerja bakti agar kelas dapat digunakan kembali untuk aktivitas belajar. Apalagi pekan ini bersamaan dengan pelaksanaan UAS.

Bencana banjir yang merendam sekolah tersebut membuat Arjuna dan murid lain mengalami kesulitan mengikuti kegiatan belajar mengajar. Sebab, semua buku pelajaran sekolah rusak. Banjir yang menggenangi sekolah sejak Rabu (29/11) hanya menyisakan beberapa buku pelajaran dan lembar ujian yang dapat diselamatkan.

Buku yang sudah terlanjur basah namun masih bisa dipakai harus dijemur terlebih dahulu agar kering. Sementara buku yang rusak terpaksa dibuang. Tim relawan RNPB Laznas LMI pun membantu pembersihan tersebut.

Selain itu, seluruh peralatan sekolah seperti komputer, printer dan buku administrasi guru pun ikut tergenang air. Kepala sekolah SDN Sirnoboyo 1 berharap ada bantuan buku tulis terutama buku pelajaran dan peralatan penunjang sekolah agar membantu proses belajar. Apalagi pekan ini berlangsung UAS. Kini, para siswa hanya mengandalkan catatan dari buku tulis saja.

————————-
Laznas LMI
 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
 0822 3000 0909 / http://bit.ly/KonfirmasiuntukBantuanKemanusiaan
 www.lmizakat.org
💳 BSM 708 2604 191
Kode transfer 28, misalnya Rp 1.000.028
————————-
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik