Jombang – Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN pada Jumat (9/11) menyerahkan secara simbolis dana pemberdayaan ekonomi dhuafa kepada Laznas LMI. Acara ini bertepatan pula dengan seremoni peletakan batu pertama Pesantren Teknologi Ilmu Komunikasi (PeTIK) oleh Bob Syahril, General Manager PLN Persero.

Sinergi YBM PLN dan Laznas LMI ini merupakan bentuk kepedulian terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaan Kelompok Ekonomi Masyarakat (KEMAS). Tujuan program ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kecil melalui wirausaha.

Melalui program KEMAS, para pengusaha kecil tersebut akan tergabung dalam satu kelompok dengan jumlah minimal anggotanya adalah 5 orang. Mulai dari usaha yang belum berjalan, pernah berjalan tetapi mandek, dan sudah berjalan nantinya akan mendapatkan bantuan modal usaha dan pendampingan. Selain itu, para anggota KEMAS juga akan mendapatkan pembinaan spiritual secara rutin. Diharapkan dengan dibentuknya kelompok yang teroganisir dapat mencegah dampak jeratan rentenir dan mudah untuk melakukan pembinaan serta evaluasi.

Ketua Bidang Koordinasi dan Kerjasama Strategis YBM PLN, Herry Hasanudin menyampaikan bahwa dana ZIS yang dihimpun dari pemotongan gaji pegawai PLN ini mampu dimanfaatkan untuk membantu para dhuafa agar mempunyai kehidupan yang lebih layak. Program – program YBM PLN diharapkan mampu mengatasi masalah – masalah yang ada ditengah-tengah kita, kemanfaatannya benar- benar dirasakan semua masyarakat.

Agung Heru Setiawan, Dirut Laznas LMI mengungkapkan bahwa kenyataannya tidak sedikit dari pedagang kecil sulit untuk mengembangkan usaha karena berbagai faktor. “Semoga dengan adanya KEMAS ini masyarakat kecil dapat mandiri dalam mempertahankan eksistensinya, sehingga tidak lagi tergantung dengan bantuan atau pemberian orang lain,” imbuhnya.

“Semoga Allah memberikan kemudahan dalam pelaksanaan program ini dan keberkahan kepada para Donatur YBM PLN Jawa Timur yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan program KEMAS ini,” pungkas Agung.

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org