“Disini, daging kambing itu sudah sangat istimewa, apalagi daging sapi. Saya terakhir merasakannya sekitar tahun 70an”, curah Pak Manaf (71).

Pak Manaf tinggal di tepian daerah aliran sungai (DAS) Musi. Tepatnya di Kampung Sungai Nipah, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Muara Belida, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

Transportasi sehari-hari masyarakat adalah perahu sebab tak ada akses lain selain akses air. Ketika musim panas dan kondisi air sedang surut, dapat terlihat permukaan tanah yang menghubungkan antar rumah. Namun sejak oktober 2019 lalu hingga bulan juni, kondisi air di wilayah ini masih cukupn tinggi.

Tak ada akses listrik dari pemerintah. Setidaknya hasil dari swadaya masyarakat menggunakan mesin diesel dapat memasok listrik untuk 3 jam setiap harinya.

Warga setempat memiliki penghasilan yang sangat rendah, sehingga idul kurban menjadi momen yang sangat ditunggu agar dapat menikmati daging. Di Kampung Nipah tidak setiap tahun ada penyembelihan binatang qurban. Bahkan beberapa tahun lalu, kurban paling banyak hanya 2 ekor kambing yang kemudian dibagi rata untuk 52 rumah.

Semoga tahun ini Desa Tanjung Baru dapat merasakan daging kurban Sapi.

Untuk partisipasi, hubungi: 0811 7808 018