Rumah Kreatif-1

Rumah Kreatif merupakan satu program pemberdayaan masyarakat, agar terbina dan berdaya. Awal perjalanan Rumah Kreatif LMI Madiun dimulai dari satu kelompok binaan ibu-ibu pengrajin keset. Butuh ketelatenan dan kesabaran untuk bisa menjaga keberlangsungan hidup kegiatan ini. Tujuh orang tetap menekuni kerajinan keset ini. Mulai menjajakan ke tetangga, ke pegawai-pegawai Rumah Sakit dan menitipkan ke tetangga, kelompok pertama kerajinan keset ini merajut harapan ke depan usaha ini dapat menjadi usaha mandiri, dengan latar belakang “Ibu-Ibu Mandiri”.

Memang sulit untuk memulai, tetapi ternyata banyak yang tertarik dengan hasil karya ibu-ibu ini. Dari satu kelompok yang ada di Jl. Indragiri, sekarang LMI mencoba membina ibu-ibu di daerah Tawangrejo, Kelun dan Pilangbango.

Belajar ilmu baru memang selalu menyenangkan, apalagi bila dilakukan bersama teman-teman. Itu yang dirasakan oleh lima orang ibu dari daerah Tawangrejo. Mereka sangat antusias ketika tim Rumah Kreatif LMI datang untuk memberikan pelatihan membuat keset dari kain perca.

Semangat ibu-ibu untuk belajar pantas diacungi jempol, mereka datang lebih awal dari waktu yang sudah ditetapkan. Saat pelatihan dimulai, mereka meminta untuk langsung praktek membuat sendiri. Banyak pertanyaan yang mereka ajukan tentang bahan, pembuatan maupun pemasaran; sesekali acara diselingi dengan canda tawa apabila ada ibu yang salah dalam proses pembuatan keset.

Peralatan yang sudah lengkap seperti mesin jahit, benang, dan jarum yang sudah LMI sediakan untuk ibu-ibu, menambah semangat mereka untuk bisa melanjutkan perjuangan usaha rintisan ini. Fasilitas, tenaga, dan pangsa pasar yang tersedia, serta iming-iming penghasilan yang sudah didapat membuat ketidaksabaran berkarya.
Dengan pelatihan ini diharapkan para ibu mempunyai kegiatan di sela rutinitas mengurus rumah tangga sekaligus membantu menambah pendapatan keluarga. Semoga pelatihan yang diadakan Rumah Kreatif LMI mampu membantu para ibu menjadi ibu mandiri, mampu membantu suami mencari nafkah tanpa harus meninggalkan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga.