Banyuwangi – Banjir bandang di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi masih meninggalkan duka bagi para korbannya. Sebagian besar rumah penduduk rusak ringan hingga parah. Salah satunya rumah Suharto.

Rumahnya tidak lagi tampak utuh. Bagian belakang rumah jebol dan menganga. Tempat tinggalnya itu berlubang karena dihantam batang pohon ukuran besar saat kejadian. Di dalam rumah pun tidak ada satu pun barang. Semuanya habis hanyut. “Sungainya persis di belakangnya rumah,” ujar Suharto.

Yang lebih menyedihkan, sebuah lemari yang menyimpan hasil kerjanya ikut terbawa banjir. Isi lemari adalah hasil kerajinan perak yang dibuatnya. Sebab, pria berusia 36 tahun itu bekerja sebagai pengrajin perak. Semua hasil kerja kerasnya pun hilang dalam sekejap.

Warga Dusun Karangasem, Desa Alasmalang itu juga kehilangan semua bajunya. Termasuk seragam sang anak yang masih sekolah dasar.

Suharto hanya salah satu dari korban banjir. Masih ada 1.300 korban lain yang juga menghadapi musibah serupa. Sebagian mengungsi dan berusaha melakukan pembersihan rumah dari sisa banjir.

Para relawan yang tergabung dalam Tim Relawan Nusantara Penanggulangan Bencana (RNPB) Laznas LMI juga membantu warga membersihkan rumah warga, jalan, dan tempat ibadah. Sebuah dapur umum juga dibangun untuk kebutuhan logistik masyarakat.

Sejak hari pertama kejadian hingga Selasa (26/6) tim relawan Laznas LMI sudah melakukan pembersihan material dampak banjir. Sejak pagi pada pukul 08.00 WIB relawan menyingkirkan pasir serta lumpur di jalan dan dalam rumah warga. “Kami dengan menggunakan cangkul, sekop, ember, dan karung membersihkan rumah masyarakat.”ujar Koordinator RNPB Laznas LMI Susanto.

Saat ini, warga korban banjir Banyuwangi membutuhkan bantuan kita. Mereka memerlukan seragam sekolah, peralatan sekolah, peralatan kebersihan, dan logistik. Mari berbagi dengan para korban melalui Laznas LMI.

————————-

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
📈 Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian