Tulungagung – Sekelompok siswa tampak tergeletak. Dengan masih mengenakan seragam, sebagian siswa yang selamat menolong teman-temannya yang tergeletak. Itu bukanlah sebuah kejadian bencana sesungguhnya. Namun, simulasi bencana gempa bumi di SMP IT Al Aqsha, Tulungagung.

Pada Sabtu (21/7), para siswa belajar menghadapi bencana gempa bumi didampingi Tim Relawan Nusantara Penanggulangan Bencana (RNPB) Laznas LMI. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari edukasi pelajar. Bertempat di SMP IT Aqsha Desa Besole, Kabupaten Tulungagung, seluruh siswa-siswi dan guru ikut terlibat dalam simulasi.

Tujuannya agar generasi saat ini semakin sadar dan siap untuk menghadapi bencana. “Kegiatan ini untuk mempersiapkan seluruh stakeholder, agar dapat mengurangi dampak yang mungkin terjadi saat bencana,” kata Susanto, Kordinator RNPB Laznas LMI.

Simulasi bencana berlangsung sejak pagi. Siswa-siswi dan guru mendapatkan edukasi pengenalan bencana. Kemudian, dilanjutkan edukasi materi mengenai bencana gempa bumi beserta langkah penyelamatan diri. Ada juga materi pertolongan pertama untuk tim medis sekolah.

Seusai shalat dhuhur, simulasi sesungguhnya dimulai. Sejumlah tim disiagakan dan berperan sesuai tugasnya masing-masing.

Pada sirine pertama yang menandakan gempa, siswa-siswi diarahkan guru kelas masing-masing untuk tidak panik. Lalu, para siswa melindungi diri terutama kepala dengan tas, kemudian masuk kebawah meja.

Selanjutnya, pada sirine kedua yang menandakan gempa telah mereda, mereka berjalan dengan tenang dan tertib menuju lapangan terbuka. Semua siswa berhasil mempraktekkan ilmu simulasi bencana.

Simulasi itu secara khusus diprakarsai oleh RNPB Laznas LMI untuk mengurangi korban jiwa ketika terjadi bencana. Sebab, Indonesia sangat rawan dan berpotensi gempa. Karena itu, perlu kesiapsiagaan dan edukasi penanganan menghadapi bencana kepada masyarakat. Apalagi anak-anak yang merupakan kelompok rentan.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar. Guru dan siswa antusias mengikuti simulasi bencana gempa bumi ini,” ujar Aminudin Anas, S.Pd.I Kepala sekolah SMP IT Al Aqsha.

Itulah salah satu kegiatan edukasi yang dilakukan Tim RNPB Laznas LMI. Tidak hanya terjun langsung saat terjadi bencana, tapi juga melakukan pembimbingan tanggap bencana bagi masyarakat.

.

.

.

————————-

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
📈 Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian