Pacitan – Bencana longsor dan banjir di Pacitan meninggalkan kerusakan parah di banyak lokasi. Tim Relawan Nusantara Penanggulangan Bencana (RNPB) Laznas LMI terus melanjutkan misi kemanusiaan pada Kamis (30/11).

Perkembangan terakhir, terjadi banyak kerusakan di beberapa fasilitas perkantoran, sekolah, dan perumahan warga. Selain itu, banyak akses jalan, jembatan gantung, tanggul jebol, dan tanah amblas yang sampai sekarang belum diperbaiki.

Para relawan pun menembus banjir untuk membantu warga membersihkan reruntuhan bangunan. “Kami membantu membersihkan rumah ibadah, dan rumah warga di desa yang banjirnya paling parah,” ucap Koordinator Tim RNPB Susanto.

Saat ini di sebagian lokasi banjir mulai menyusut. Namun, warga masih banyak yang berada di posko pengungsian. Posko tersebar di Gedung Karya Darma Pemkab Pacitan, Masjid Sirnoboyo, Balai Desa Cangkring Kecamatan Ngadirojo, Gedung Dakwah Muhammadiyah, Balai Desa Sumber Harjo, Balai Desa Bangunsari, MI Al Huda, dan Balai Desa Sidomulyo Kec Kebonagung.

Total jumlah pengungsi di berbagai tempat tersebut mencapai 1.879 orang. Selain itu, ada pula warga yang telah pulang ke rumah masing-masing.

Baik masyarakat yang berada di posko pengungsian maupun kembali ke rumah masih membutuhkan bantuan logistik.

Tim relawan Laznas LMI mendirikan posko khusus dan dapur umum untuk warga terdampak banjir. Beragam bantuan disalurkan langsung kepada masyarakat. Penyerahan bantuan logistik dan uang tunai juga disalurkan melalui posko bencana Laznas LMI.

Hingga 30 November, terdata bahwa pengungsi sangat membutuhkan makanan dan susu untuk bayi, pampers, dan pembalut wanita. Untuk pembersihan pasca longsor diperlukan perlengkapan pembersih rumah seperti kain pel, sabun lantai, dan cairan antiseptik.

Sementara itu, RNPB Laznas LMI juga bergabung dalam Satuan Komando Tanggap Darurat (SKTD) Pemda Kab. Pacitan. Semua relawan yang ada di Pacitan mengikuti gelar pasukan untuk memaksimalkan pendistribusian logistik. “Warga Pacitan masih menanti kepedulian masyarakat Indonesia, mari bersama membantu,” ujar Susanto.

————————
Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
 0822 3000 0909 / http://bit.ly/KonfirmasiuntukBantuanKemanusiaan
🌐 www.lmizakat.org
💳 BSM 708 2604 191
Kode transfer 28, misalnya Rp 1.000.028
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik