Kalian pasti penasaran bagaimana tim kami bisa terbentuk?! Semua bermula dari puncak acara milad ke-24 LMI di akhir pekan bulan September lalu. Saat itu berlangsung acara Temu Pelajar Nusantara yang diikuti 500 siswa SD dan SMP. Selama di sana, kami mendapat banyak sekali ilmu, termasuk tentang kebencanaan.

Acara ini mendapat apresiasi dari Pak Emil Dardak selaku Wakil Gubernur Jawa Tmur dan mendapat banyak dukungan dari pihak BNPB @bnpb_indonesia. Tanpa disangka, BNPB mengundang kami untuk hadir sebagai pemateri tamu dalam Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana yang dilaksanakan di Belitung, Sumatera Selatan. Maka, terbentuklah Relawan Cilik LMI Rescue yang berjumlah 8 anak. Kami berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, dan Tulungagung.

Rabu, 9 Oktober 2019

Perjalanan kami memenuhi undangan BNPB dimulai hari ini. Sudah lama kami penasaran, gimana rasanya naik pesawat. Karena, rata-rata dari kami belum pernah pergi keluar daerah, apalagi perginya pakai pesawat terbang. Pesawatnya take off dari Bandara Juanda pukul 05.00 WIB. Penerbangan ini akan singgah ke bandara paling sibuk di Indonesia, yaitu Soekarno-Hatta. Wah, pasti seru.

Pesawat yang kami tumpangi meninggalkan daratan. Semuanya jadi tampak kecil. Kemudian, kami melihat pemandangan matahari terbit dari jendela pesawat. Masya Allah, sangat menakjubkan. Bumi nampak semakin menjauh, dan kami dikelilingi awan putih keemasan di tengah langit yang biru cerah.

Pukul 06.10 WIB kami tiba di Bandara Soekarno-Hatta, menurunkan penumpang tujuan Jakarta dan mengangkut penumpang baru tujuan Belitung. Penerbangan kami sempat tertunda hingga 2 jam. Tapi tak mengapa, perjalanan ini tetap penuh canda tawa. Bahkan kami memanfaatkan waktu menunggu ini untuk latihan dan mengulang lagu-lagu kebencanaan yang sudah kami hafalkan sebelumnya.

Saat jam makan siang tiba, kami sudah ada di Negeri Laskar Pelangi. Sobat Zakat, ikuti perjalanan kami selama di Belitung, ya!

Laznas LMI⁣⁣
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya⁣⁣
☎ 0822 3000 0909⁣⁣
🌐 www.lmizakat.org⁣⁣