Makassar – Bertempat di Telkomas, Makassar, Jumat (31/7) Laznas LMI melaksanakan pemotongan hewan qurban untuk pengungsi lintas negara yang selama ini ada di Makassar. Mereka berasal dari Myanmar (Rohingya), Afghanistan, Sudan, Somalia, dan Mongolia. Para pengungsi tersebut tinggal di kompleks daerah dengan penjagaan yang cukup ketat. Tidak setiap orang dapat mengakses tempat tinggal mereka. Alhamdulillah, LMI menjadi salah satu lembaga yang mendapatkan izin untuk menyelenggarakan pemotongan dan mendistribusikan hewan kurban di lokasi penampungan.

Muhammad Hussain Zamiri, yang berasal dari Afghanistan berbahagia mendapatkan daging hewan qurban dari LMI. “Terima kasih LMI, telah membagikan daging qurban kepada kami,” ujar Hussain dengan bahasa Indonesia yang terbilang cukup lancar. Ia bercerita, bahwa dirinya sekeluarga telah ada di penampungan hampir 5 tahun lamanya, dan tentu perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah terkait status mereka. Tidak sedikit dari mereka yang ingin menjadi WNI, namun persyaratan administrasi masih perlu mereka lengkapi.

Selain daging qurban, para pengungsi lintas negara ini juga mendapatkan baju koko dan mukena yang dapat mereka pakai untuk shalat sehari-hari. Tentu menjadi kebahagian tersendiri bagi mereka yang bukan saja terpisah jarak jauh dengan kampung halaman, namun masih mendapatkan perhatian dari kita semua sebagai sesama muslim. Semoga qurban yang kita tunaikan dapat menguatkan persaudaraan saudara seiman walau tanpa pertemuan.