Profil Lembaga

/Profil Lembaga

SEKILAS LMI

KantorLMILembaga Manajemen Infaq (LMI) adalah lembaga filantropi profesional yang berkhidmat mengangkat harkat martabat masyarakat dhuafa (masyarakat kurang mampu) melalui penghimpunan dana ZISWAF (zakat, infaq, sedekah, dan wakaf) masyarakat dan dana corporate sosial responsibilty perusahaan.

Program-program sosial dan pemberdayaan masyarakat tidak mampu yang digulirkan telah menjadikan dana masyarakat yang dihimpun LMI memiliki nilai tambah dan manfaat yang berlipat ganda bagi masyarakat kurang mampu. Karena LMI berusaha senantiasa menumbuhkan iklim transparansi dan profesionalitas untuk mengawal amanah masyarakat yang demikian besar.

Kantor Pusat: 

Jl. Barata Jaya XXII / 20 Surabaya

Telp. 031 505 3883 :: Faks. 031 502 2662 :: Hotline. 0822 3000 0909 :: Pin BB 53233772

FB. : Lembaga Manajemen Infaq

Twitter : @lmizakat

Email : info@lmizakat.org

Website : www.lmizakat.org

Instagram : LMIzakat

Youtube : LMIzakat

 

STRUKTUR MANAJEMEN LMI (LEMBAGA MANAJEMEN INFAQ)

Ketua: Prof. Ir. Mukhtasor, MEng, PhD.

Anggota: H. Agung Cahyadi, MA.

Dewan Pengawas Syariah

Ketua: Prof. Dr. H. M. Roem Rowi, MA

Anggota: H. Ahmad Mudzoffar Jufri, MA

Dewan Pengurus

Ketua : H. Amin, Ak. MM

Sekretaris : H. Agung Wijayanto

Bendahara I : Nugroho Iriyanto, SE. MAk.

Bendahara II : Muhammad Aziz

Direksi

Direktur Utama : Agung Heru Setiawan

Direktur Pelaksana : Citra Widuri

 

VISI DAN MISI LMI (LEMBAGA MANAJEMEN INFAQ)

Visi

Menjadi Lembaga yang Profesional dalam Pemberdayaan dan Pelayanan

Misi

  1. Menghimpun dan Mendayagunakan zakat, infaq, shodaqoh, wakaf dan dana sosial lainnya secara Profesional dan Akuntabel;
  2. Meningkatkan Peran Produktif dan Pengaruh Konstruktif secara nyata di tengah masyarakat;
  3. Memberikan Pelayanan Prima kepada para pemangku kepentingan.

 

LOGO DAN TAGLINE

logo_lmi_webPhilosophy Berani menjadi Pionir dalam pencetusan Program Kemanusiaan

Bentuk Logo Garis lengkung bebas berwarna hijau tua diatas tulisan LMI menggambarkan bahwa LMI sebuah lembaga kemanusiaan yang dinamis. Fontologi/ bentuk huruf LMI berwarna hitam yang lentur menggambarkan kematangan serta dapat diandalkan.

Warna Logo Garis bebas berwarna hijau tua dan oranye menggambarkan semangat yang terpancar dari organisasi sedangkan garis hijau muda di sisi paling atas menggambarkan program-program LMI yang selalu “up to date”.

Tagline “Care to Share” dalam bahasa Indonesia berarti kepedulian untuk berbagi dan hal tersebut mempertegas posisi LMI sebagai lembaga kemanusiaan yang lebih peduli.

 

PROGRAM-PROGRAM LAYANAN LMI

Program Dakwah dan Masjid

Program layanan dakwah meliputi:

  • Penyediaan Penceramah dan Khatib (umum, tarawih, radio dan TV)
  • Kursus Terjemah Al-Qur’an
  • Konsultasi Agama Islam
  • Pelatihan Perawatan Jenazah
  • Pelatihan Keluarga SAMARA (Sakinah Mawaddah Warahmah)
  • dll.

Komunitas Semanggi Surabaya

Program layanan terintegrasi yang meliputi pengajian, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi pada masyarakat binaan LMI.

Beasiswa Penghafal Qur’an

Bantuan biaya pendidikan untuk anak usia SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, yang secara intensif sedang dalam proses menghafal Al-Quran .

Peduli Guru Qur’an

Bantuan insentif kepada Guru Qur’an di lembaga pendidikan Al-Quran atau Taman baca Al-Quran seperti TPQ dan TPA

Peduli Da’i

Program Peduli Da’i adalah program pemberian bantuan intensif bagi da’i/ustadz/juru dakwah guna menunjang aktivitas dakwah di daerah binaan LMI.

 

 PROGRAM PINTAR

agustus2011_foto_program_pintar_2Beasiswa Pintar

Program yang bertujuan untuk mengurangi angka putus sekolah dengan memberi beasiswa kepada anak usia sekolah (SD, SMP dan SMA) yang berprestasi dari keluarga kurang mampu (dhuafa). Selain pemberian beasiswa, anak asuh juga mendapatkan pembinaan keIslaman secara berkala.

Sekolah Pintar

Program pemberian bantuan secara gratis untuk biaya pendidikan tingakt pra sekolah dasar  (tingkat PAUD dan TK) bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu (dhuafa).

Guru Pintar

Program Guru Pintar merupakan program pemberian bantuan insentif untuk guru di lembaga pendidikan Islam yang memiliki kemampuan lebih atau berprestasi serta kurang mampu dari sisi ekonomi.

 

PROGRAM SEHATi

fot_program_sehati_2Rumah Sehati

Sarana layanan kesehatan terjangkau untuk memenuhi kebutuhan kesehatan khususnya untuk masyarakat kurang mampu. Adapun layanan yang diberikan di Rumah Sehati meliputi pemeriksaan dan pengobatan umum, check-up kesehatan, khitan, layanan KB dan layanan untuk ibu hamil. Rumah Sehati yang terletak di jalan Barata Jaya XXII/20 ini, memberikan layanan jam buka mulai dari jam 9 pagi hingga jam 16 sore.

Bersalin Cuma-Cuma

Program layanan yang diberikan kepada ibu-ibu hamil dari keluarga kurang mampu yang meliputi layanan periksa kandungan, USG, proses persalinan, control pasca persalinan hingga imunisasi.

Santunan Sehati

Untuk membantu meringankan beban keluarga pasien yang kurang mampu maka LMI memberikan santunan langsung yang diberikan kepada pasien yang menderita penyakit berat.

Banana Sehati

Pemberian bantuan langsung kepada korban bencana alam berupa makanan, minuman, obat-obatan, dan kebutuhan darurat yang lain.

 

PROGRAM EMAS

agustus2011_foto_program_emas_2Bantuan Emas

Pemberdayaan ekonomi dengan pemberian modal usaha dan pembinaan kepada masyarakat kurang mampu yang sudah mempunyai usaha mikro. Dengan program ini, diharapkan mereka mampu meningkatkan skala usahanya sehingga kesejahteraan mereka bisa meningkat pula.

Forum Silaturahim Emas

Forum pertemuan tiga bulanan yang diperuntukkan kepada para penerima modal usaha BOS Emas yang menjadi moment silaturahim dan pembinaan baik dalam bidang kewirausahaan maupun bidang pembinaan agama Islam.

Layanan Emas

Pemberian bantuan tunai yang dilakukan langsung kepada para mustahik yang benar-benar tidak mampu terkait dengan kebutuhan hidup sehari-hari (makan), membayar hutang, biaya pulang ke daerah asal, dan kondisi-kondisi darurat lainnya.

 

PROGRAM YATIM

agustus2011_foto_program_yatim_4Peduli Yatim

Program penyaluran bantuan biaya sekolah dan biaya hidup yang disertai pula dengan pembinaan secara berkala kepada anak yatim usia sekolah (SD, SMP, SMA) dari keluarga kurang mampu.

Dalam program ini, para donatur mendapatkan informasi perkembangan kondisi dan profil anak asuh secara berkala.

Pesantren Mahasiswi Mutiara

Program pembinaan mahasiswi perguruan tinggi negeri yang mempunyai latar belakang yatim dan kurang mampu namun berprestasi dan aktif dalam kegiatan organisasi.

Bantuan berupa pemberian fasilitas tempat tinggal bersama dan kurikulum pembinaan yang ada, dengan harapan mereka bisa menjadi muslimah yang unggul, mandiri, dan berakhlakul karimah.