Palu, Sulawesi Tengah—Desember 2018 lalu Laznas LMI telah memulai pembangunan Kampung Peradaban yang terdiri dari 20 rumah tinggal, 5 rumah toko, masjid, dan pendopo. Bekerja sama dengan JSIT Sulawesi Tengah, kompleks perumahan tersebut akan menjadi ruang berlangsungnya proses belajar, berkreasi, dan menyiapkan generasi Islami. Pembangunan rumah tinggal yang seluruhnya diperuntukkan bagi para guru tersebut saat ini hampir selesai.
.
“Guru-guru banyak yang numpang di rumah saudaranya, sebagian ngekos. Sehingga, prioritas pembangunannya adalah menyelesaikan bangunan rumah. Alhamdulillah, tinggal memasang keramik, mengecat tembok, dan pemasangan listrik. Insyaallah dua pekan lagi selesai,” ujar Mahmud Yunus, project koordinator dari Yayasan Pendidikan Al-Fahmi. Sementara yang lain akan diselesaikan secara berkala, seperti bangunan masjid yang ditargertkan pada Bulan Ramadhan dan rumah toko serta pendopo menyusul setelahnya.

Kampung Peradaban ini memiliki sumber air dengan kedalaman 80 m yang nantinya akan didistribusikan menggunakan jet pump ke rumah-rumah. Target lain yang saat ini sedang dikerjakan adalah sanitasi permukiman, agar kompleks ini tidak hanya dapat ditinggali tetapi juga sehat dan nyaman. Jika tidak ada halangan, awal Bulan April 2019 sudah dapat dihuni oleh para pendidik dan pengajar.

Ikhsan, salah satu guru calon penerima rumah tinggal mengaku bersyukur atas bantuan hunian tersebut. Sebab, selain dapat tinggal dengan layak, pengajar yang saat ini menjadi pembina olimpiade matematika di SDIT Al Fahmi ini bisa segera mempersiapkan les di Kampung Peradaban. Pengajar lulusan Universitas Tadulako jurusan Fisika ini ingin mengajak anak-anak mencintai ciptaan Allah melalui matematika dan fisika.

Guritno, Senior Manager Penghimpunan dan Komunikasi Laznas LMI berharap dukungan masyarakat agar Kampung Peradaban di Palu dapat segera terwujud. “Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak sehingga rumah-rumah tersebut hampir siap dihuni. Mengingat Ramadhan sudah dekat, kami pun berharap agar masjid di kompleks Kampung Peradaban dapat segera digunakan,” pungkasnya.
.
Laznas LMI