Papua – Bencana gizi buruk dan wabah campak sedang menghantui Kabupaten Asmat, Papua. Puluhan anak-anak telah meninggal akibat kasus yang telah masuk sebagai kejadian luar biasa (KLB) itu. Masyarakat Asmat saat ini begitu membutuhkan bantuan.

Karena itu, Laznas LMI turut mendistribusikan bantuan bagi warga Asmat melalui salah satu mitra penyaluran. Satu tim kemanusiaan telah berangkat sejak Sabtu (19/1). Perjalanan darat, udara, dan laut harus ditempuh untuk mencapai lokasi

Tim membawa donasi berupa susu dan biskuit balita untuk mendukung pemenuhan gizi anak-anak Asmat. Selain itu, ada juga sabun mandi beserta pasta gigi dan sikat gigi anak. Sebab, salah satu sebab cepatnya wabah campak menyebar adalah kebersihan diri anak-anak yang belum optimal.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada Ahad (20/1) dini hari, tim bertolak dari Pelabuhan Pomako di Timika menuju Pelabuhan Agats di Asmat mengunakan kapal laut. Baru pada Senin (21/1), tim menyerahkan bantuan tersebut melalui posko gudang logistik bencana campak milik pemerintah. Bantuan selanjutnya akan didistribusikan kepada korban dan masyarakat yang membutuhkan.

Esok harinya (22/1), tim melanjutkan perjalanan kemanusiaan ke tiga titik. Pertama, tim mengunjungi Puskesmas Yausakor Distrik/Kecamatan Sirets. Titik berikutnya menuju Kampung Wagenu, Distrik Sirets untuk menyalurkan paket makanan tambahan dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Kunjungan baru berakhir di Kampung Jinak, Distrik Swator.

Sementara itu, selain mendistribusikan bantuan, tim juga mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan lain yang bersifat jangka panjang untuk mencegah terjadinya kondisi serupa. (nir)

————————–
Laznas LMI
 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
💳 Rekening berbagi an. Lembaga Manajemen Infaq, 708 2604 191 (BSM)
Cantumkan kode donasi “37” di akhir nominal, misalnya Rp 1.000.037
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik