Lombok – Seorang perempuan bernama Narinah membawa sebuah ember. Dia membuka keran tandon dan mengisi embernya dengan penuh. “Alhamdulillah, senang bisa mengambil air,” ujarnya.

Narinah pantas gembira karena bisa memenuhi kebutuhan air bersih lantaran selama sepekan ini dia agak kesulitan mendapat air. Maklum, dia adalah salah satu korban terdampak gempa dari Desa Sajang Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Relawan Nusantara Penanggulangan Bencana (RNPB) Laznas LMI kemarin (3/7) memasang tandon untuk warga minum, mandi, dan wudhu.

Hingga hampir sepekan pasca gempa, ribuan warga masih membutuhkan bantuan. Kerugian dan kerusakan pasca bencana di Lombok mencapai Rp 342 miliar. Kerusakan terbesar terjadi pada pemukiman, infrastruktur, ekonomi, dan sosial di Kabupaten Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Barat dan Sumbawa Barat.

Hingga saat ini, masih ada dusun yang  belum terjamah bantuan sama sekali. Yakni, Dusun Mungkuk, Desa Belanting. “Kasian warga, saking butuh tempat tinggal, mereka sampai mengatakan lebih memilih terpal dan kelambu dari pada makanan. Mereka sangat membutuhkan tempat berteduh untuk anak-anaknya,” ujar Koordinator RNPB Laznas LMI Susanto.

Warga dusun sekali mendapat bantuan berupa mie instan, sepanci kecil beras, dan segelas minyak goreng. Pendistribusian agak sulit lantaran lokasinya yang cukup jauh. “Rencananya teman-teman relawan akan segera ke sana,” ucap Susanto.

Sementara itu, situasi terakhir di Lombok masih memerlukan uluran tangan kita. Kerusakan rumah warga membuat mereka belum bisa beraktivitas dengan normal. Begitu banyak yang mengungsi. Mari berbagi bersama warga korban gempa Lombok dengan berdonasi atau berkurban melalui Laznas LMI.

————————-

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
📈 Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian