Batam – Angin sepoi-sepoi berhembus mengenai tubuh warga Tanjung Uma, Batam, Kepulauan Riau pada Sabtu (2/6). Maklum, mereka sedang berkumpul di pinggir pantai untuk melaksanakan buka puasa bersama.

Memang, lokasi buka yang berada di halaman SDIT Mahabbatul Haq berada tepat di pinggir laut. Sebab, Batam adalah pulau yang berbatasan langsung dengan negara lain, dan kampung tua Tanjung Uma, tempat pelaksanaan Buka Puasa Nusantara oleh Laznas LMI ini berada tepat di depan Singapura.

Tanjung Uma sendiri adalah salah satu wilayah tempat bermukimnya pendatang di pulau Batam. Banyak diantara mereka berprofesi sebagai nelayan dan pedagang. Sebagian di antaranya termasuk golongan dhuafa. Karena itu, lokasi tersebut yang dipilih untuk buka puasa bersama.

Sementara itu, buka puasa kali ini juga berbeda. Bukan sekedar makan bersama. Tapi ada talkshow yang menghadirkan tokoh masyarakat untuk sosialisasi dan wacana kemasyarakatan. Acara juga dihadiri lebih dari 300 orang termasuk ketua RT/RW setempat dan juga perwakilan dari Kelurahan Tanjung Uma.

Para tokoh yang datang adalah Rohizat, Anggota DPRD Kota Batam, dan Alfin, seorang pemerhati pendidikan. Tidak ketinggalan Kepala Kanwil Laznas LMI Kepri, Andres Irawan.

Rohaizat dan Alfin menyampaikan pentingnya kesempatan pendidikan bagi warga sekitar. Sedangkan Andres menyampaikan, LMI sudah memiliki program pendidikan bagi warga dhuafa. LMI menyalurkan bantuan beasiswa kepada anak-anak nelayan dan warga Tanjung Uma dari kalangan  dhuafa agar mereka dapat bersekolah dan meraih prestasi.

LMI telah mengupayakan supaya anak-anak berprestasi akan di support pembiayaannya. Bukan hanya lingkup SD saja, namun hingga SMA atau bahkan kuliah di perguruan tinggi.

Setelah talkshow, masyarakat bersama-sama memanjatkan doa demi kemajuan kampung tua Tanjung Uma. Setelah itu dilaksanakan buka bersama dengan menu yang menggugah selera. Suasana semakin nikmat lantaran ada deburan air laut yang terdengar menemani warga yang sedang berbuka puasa. (af)

————————-

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
📈 Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian