Bersamaan dengan ulang tahun Kota Banjarmasin yang ke-493, hari ini (27/9) Laznas LMI Kalimantan Selatan memberi kado ulang tahun kepada Kota Banjarmasin berupa motor pintar, sebuah kendaraan roda tiga yang didesain untuk mengangkut ratusan buku.

Wali Kota Banjarmasin H. Ibnu Sina hadir untuk menerima langsung motor pintar yang diserahkan oleh Laznas LMI Kalsel. Bukan hanya mengamati saja, orang nomor satu di Banjarmasin ini pun mencoba untuk mengendarainya. “Motor pintar ini merupakan perpustakaan berjalan, semoga bisa mobile ke kecamatan-kecamatan, dari kelurahan ke kelurahan. Satu unit (motor pintar) kira-kira bisa menampung sampai seribu buku,” ucapnya.

Kehadiran motor pintar diharapkan dapat memancing minat baca warga Banjarmasin, terlebih anak-anak yang saat ini lebih disibukkan dengan bermain gawai. Buku-buku yang menjadi koleksi motor pintar pun beragam, mulai buku anak, sirah, buku kewirausahaan, sampai buku kebencanaan. Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto yang ada di lokasi pun turut mengapresiasi motor pintar. Baginya, ini merupakan langkah besar dalam menggiatkan literasi warga, baik tua maupun yang muda.

Senada dengan Totok, Kepala Kanwil Laznas LMI Kalsel Khoirul Nur Mustaqim pun berharap ini awalan untuk meningkatkan minat baca. “Berawal dari Motor Pintar ini, kami yakin akan semakin banyak warga yang mendapat akses buku-buku berkualitas. Apalagi, jika nanti minat baca semakin tinggi, semoga Banjarmasin memiliki pojok baca di setiap taman dan di setiap lingkungan sekolah. Sehingga kota ini dapat mewujudkan impiannya sebagai kota literasi,” harap Khoirul.

Armada motor pintar merupakan bantuan dari program CSR PT Pelindo III, Regional Kalimantan. Lebih lanjut, untuk mendukung gerakan literasi di Banjarmasin, melalui program wakaf sejuta buku mobil pintar, Laznas LMI Kalsel menerima donasi berbagai genre bacaan dengan menghubungi hotline 082257005752.

Laznas LMI⁣⁣
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya⁣⁣
☎ 0822 3000 0909⁣⁣
🌐 www.lmizakat.org⁣⁣
⁣⁣