Surabaya—Sabtu (30/3), sebanyak 11 anggota RNPB tengah mengikuti microteaching di kantor pusat Laznas LMI. Para relawan kebencanaan tersebut dipersiapkan untuk menambah tenaga fasilitator Program Siaga Bencana Alam (GANALA) yang nantinya akan bertugas di beberapa kota dan provinsi.

Materi dalam microteaching disampaikan oleh Koordinator RNPB Laznas LMI Susanto dan Kepala Bagian Tanggap Darurat Irfan Nurdiansyah. Para peserta mempelajari teknik presentasi, psikososial, Tim Reaksi Cepat (TRC), Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), simulasi gempa, dan survival.

Selain sejumlah materi tersebut, berikut adalah salah satu lirik lagu yang menjadi bagian dari simulasi GANALA.
.
“Kalau ada gempa lindungi kepala
Kalau ada gempa masuk kolong meja
Kalau ada gempa jauhi kaca-kaca
Kalau ada gempa lari ke tempat terbuka”
.
Seluruh relawan peserta microteaching kali ini merupakan relawan aktif yang selalu hadir hampir di setiap lokasi bencana selama dua tahun terakhir. Mereka berasal dari berbagai kota, mulai dari Surabaya, Blitar, sampai Banjarmasin.
.
“Dengan bertambahnya jumlah fasilitator GANALA, kami berharap dapat menyampaikan materi mitigasi bencana ke lebih banyak instansi pendidikan. Sehingga, lebih banyak lagi jumlah masyarakat yang sadar tentang kebencanaan, dalam mengenali ancaman bencana dan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengurangi risikonya,” papar Susanto.
.
.
.
Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
📈 Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian
.
@rnpb_id #LaznasLMI #LMIcaretoshare #caretoshare #rnpb #mitigasibencana #ganala #rnpblaznaslmi #microteaching #indonesia #humanity #kemanusiaan