Pacitan – Penanganan bencana banjir dan tanah longsor di Pacitan terus berlanjut. Masa tanggap darurat yang ditetapkan sejak Selasa (28/11) masih berjalan hingga Senin (4/12). Tim Relawan Nusantara Penanggulangan Bencana (RNPB) Laznas LMI juga masih menjalankan upaya tanggap bencana sejak hari pertama.

Saat ini, sebagian wilayah yang banjirnya surut meninggalkan lumpur tebal. Karena itu, relawan membantu membersihkan banyak objek vital. Salah satunya jalan agar akses bisa dilalui. Pembersihan dilakukan manual lantaran alat berat belum dapat menjangkau lokasi longsor.

Selanjutnya, relawan membersihkan sekolah yang terkena banjir. Sekolah di area terdampak diliburkan untuk sementara waktu. Selain itu, tim ikut membantu warga membersihkan rumah.

Revitalisasi pasca bencana terus dilakukan bertahap. Untuk desa yang listriknya masih mati, tim RNPB mengirim genset ke Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung.

Kini, pendataan masih terus dilakukan karena belum semua lokasi dapat dijangkau. Tercatat ada sekitar 60 keluarga terisolir di lokasi pengungsian di Dusun Ngasem, Desa Kedung Bendo, Kecamatan Arjosari. Relawan melakukan relokasi ke pengungsian yang lebih aman.

Pengungsi banjir Pacitan rata-rata lansia dan anak-anak. Laznas LMI mendistribusikan susu, sembako, sayur mentah, popok lansia, dan pembalut wanita. “Kebutuhan mendesak pengungsi masih banyak,” ujar Koordinator Tim RNPB Susanto. Menurut dia, pengungsi memerlukan makanan siap saji, air bersih, selimut, serta perlengkapan sekolah dan seragam. Sebab, baju sekolah dan alat belajar anak-anak ikut rusak tergerus banjir. Warga juga membutuhkan peralatan kebersihan rumah tangga, alat mandi, dan layanan kesehatan.

Laznas LMI telah mendistribusikan bantuan tersebut untuk korban longsor di Dusun Jenggrik, Desa Gayuhan dan Dusun Madekan, Desa Jetiskidul. Kedua wilayah itu berada di Kecamatan Arjosari.

Hingga kini, jumlah korban meninggal dunia total 25 orang. Selain itu, jumlah pengungsi mencapai 1.879 orang di delapan titik. Warga Pacitan sekarang tengah bangkit dari keterpurukan. (nir)

.

.

.

————————-
Laznas LMI
 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
 0822 3000 0909 / http://bit.ly/KonfirmasiuntukBantuanKemanusiaan
 www.lmizakat.org
 BSM 708 2604 191
Kode transfer 28, misalnya Rp 1.000.028
————————–

📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik