Situbondo – Usia Mbah Astro sudah mencapai mencapai 75 tahun. Pada 2 Februari mendatang, perempuan yang tinggal di Dusun Krajan, Desa Tenggir, Kecamatan Panji, Situbondo itu akan berulang tahun.

Di umur yang sudah lansia itu, Mbah Astro masih harus bekerja keras. Dia menjadi buruh tani. Itu pun tidak sering lantaran pemilik lahan lebih memilih buruh muda. Di saat dia seharusnya istirahat menikmati masa tua, hal itu tidak berlaku untuknya.

Sebab, Mbah Astro menghidupi seorang cucu perempuan yang masih kelas 2 SD. Cucunya itu ditinggal merantau oleh sang ibu sebagai TKW (Tenaga Kerja Wanita) di Malaysia. Sedang si ayah tinggal terpisah karena telah bercerai dengan ibunya. Anak kedua Mbah Astro merantau ke Surabaya bekerja di bengkel. Di antara kedua anaknya itu tidak ada yang bisa diandalkan membantunya.

Tinggal di rumah berukuran 3×3, tidak ada yang mewah di kediaman Mbah Astro. Hanya ada lincak (kursi panjang, Red) sebagai alas jika tamu bertandang. Saat masuk ke kamar tidur, terlihat kasur dilipat begitu saja di lantai tanpa ada ranjang. “Kemarin hujan air dari selokan belakang masuk dan membasahi kasurnya,” katanya.

Karena itu, pada Kamis (7/12), Laznas LMI menyalurkan bantuan sembako kepada Mbah Astro. Sembako yang diberikan berupa beras, minyak, gula, susu, dan telur. Wajah sumringah langsung terpancar ketika mendapat bantuan tersebut.  “Kaso’on gik Pak Bu..pon eberri’ sembako (Terima kasih ya Pak Bu, sudah diberi sembako, Red),” ujarnya dalam bahasa Madura. (nir)

————————–
Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik