Sobat Zakat, pernah ke Banjarmasin dan tidak ada kantong plastik saat berbelanja di toko atau retail modern? Beberapa daerah di Kalimantan Selatan sudah lama menerapkan kebijakan larangan penggunaan kantong plastik. Laznas LMI pun turut mendukung penuh upaya pelestarian lingkungan ini.

Gerakan tersebut mendapat sambutan baik dari masyarakat. Kemarin (17/08) Pokja Forum Peduli Lingkungan Kota Banjarmasin menggelar lomba rancang kostum berbahan sampah daur ulang. Salah satu acara perayaan Kemerdekaan RI ini diikuti oleh siswa SMA/SMK se-Banjarmasin.

Salah satu pesertanya adalah Muhammad Azmi siswa kelas X SMAN 4 Banjarmasin. Komposisi kostum yang ia kenakan adalah tali rafia, kantong plastik, sendok plastik, tutup botol plastik, sedotan plastik, kain flanel perca, dan piring kue kertas. “Ulun membuat kostum ini dengan memanfaatkan limbah plastik yang Ulun dapatkan di sekitar rumah. Semoga dapat bernilai ekonomi. Kawa (bisa) disewakan gasan (untuk) kostum karnaval,” akunya yang pada final hari ini (18/08) menjadi runner up.

Kota seribu sungai ini sedang mencanangkan sebagai kota bebas sampah plastik. “Semoga pemuda-pemudi di Banjarmasin dapat menjadi duta lingkungan untuk orang-orang di sekitarnya dan mereka semakin banyak idenya untuk mengolah limbah plastik menjadi sesuatu yang bernilai,” tutur Kepala Kanwil LMI Kalsel, Khoirul, yang dua hari berturut-turut hadir di acara tersebut.

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik