Ngawi – Momen hari pendidikan nasional (Hardiknas) seharusnya disambut dengan suka cita oleh para pendidik di seluruh Indonesia. Namun, hal itu tampaknya sulit terjadi ketika nasib para guru masih kurang diperhatikan.

Pada Hardiknas kali ini, banyak para guru honorer pemerintah atau swasta di berbagai daerah menggelar aksi. Mereka menuntut kehidupan yang lebih layak. Sebab, tidak jarang ada guru yang digaji ratusan atau bahkan puluhan ribu saja setiap bulannya. Padahal, mereka adalah para pendidik yang menentukan generasi bangsa di masa depan.

Namun tidak begitu halnya dengan pengajar Al Quran dari Ngawi. Suroto Nur Choliq Zain, Choirul Anawiyah, Teguh Suprayitno, Siti Alfiah, Sumarni, Teguh Suprayitno, Siti Alfiah adalah contohnya. Mereka tak pernah menuntut apapun, walaupun sebagai pengajar di TPA Nurul Iman di Ngawi, Jawa Timur mereka tidak mendapat penghasilan pasti.

Mereka mengajar di sekolah yang beralamat di Dusun Jublek, Desa Gerih, Kecamata  Gerih, Kabupaten Ngawi itu dengan sukarela. Contohnya Ustadz Teguh dan Suroto. Keduanya yang berkerja sebagai buruh tani, tetap mengajar meskipun profesi menjadi dai tidaklah menjanjikan kehidupan dunia. Lain lagi dengan tiga ustadzah lain yang merupakan ibu rumah tangga.

Para ustadz ustadzah tersebut membina 110 santri. Bahkan, tidak hanya mengajar TPA, para guru itu juga mengajar di majelis taklim rutin bulanan dengan jumlah peserta pengajian mencapai 400 jama’ah.

Melihat perjuangan mereka yang berbagi ilmu kepada santri TPA dan masyarakat, sepatutnya nasib mereka mendapat perhatian. Karena itu, Laznas LMI menyerahkan bantuan dana pemberdayaan dai di momen Hardiknas tahun ini. Bantuan dari para donatur LMI itu disambut dengan rasa syukur yang mendalam dari para guru TPA. Mereka begitu tersentuh lantaran masih ada yang memperhatikan kesejahteraan para pendidik. Semoga di masa depan lebih banyak lagi yang menunjukkan kepedulian bagi para pahlawan tanpa tanda jasa ini.

————————-

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
📈 Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian