Imam Rochali namanya. Pria asal Lawang – Malang ini awalnya adalah petugas satuan pengamanan, hingga kemudian masa kerjanya berakhir karena kebijakan pengurangan karyawan. Walau sadar sedikitnya peluang mendapat pekerjaan, tetapi Imam tetap mencoba melamar pekerjaan lagi, termasuk menjajal peruntungannya sebagai satpam lagi. Namun hingga lima bulan tidak kunjung ada panggilan yang datang. Sementara tabungannya semakin hari semakin menipis.

Di saat hampir putus asa, saudaranya datang menawarkan bantuan. “Kakak saya datang, memberi gerobak tua untuk berjualan. Awalnya ragu, kan saya ndak pernah dagang. Kalau gagal gimana? Kalau akhirnya modal jualan sampai tidak ada lagi, anak-anak dan istri saya gimana? Tapi, kakak saya meyakinkan bahwa rezeki Allah itu luas. Kalau enggak obah (gerak), enggak mamah (makan),” aku Imam.

Imam pun memulai usaha dengan modal seadanya. Rupanya, niat menjemput rezeki untuk menafkahi keluarga mendapat sambutan baik dari kantor lamanya. Pihak kantor pun mengenalkan Imam dengan Laznas LMI untuk mendapatkan modal usaha dan pembinaan.

Setelah mengetahui kondisi gerobak dan peralatan yang dimiliki Imam, Laznas LMI menggantinya dengan gerobak baru yang jauh lebih layak. Kompor dan alat penggorengan pun baru. Saat ini, Imam sudah memiliki pembukuan laba – rugi yang rapi untuk mengatur cash flow.

“Alhamdulillah, sekarang pendapatan kami sama seperti gaji saat saya kerja 12 jam sebagai satpam. Saya senang, karena lebih banyak waktu yang bisa saya luangkan bersama anak-anak,” aku lulusan diploma satu ini.

Satu amalan pesan dari sang kakak yang tidak pernah Imam lupakan, yaitu menyedekahkan beberapa potong gorengan kepada pembeli. Selain agar menambah keberkahan hasil dari berjualan, Imam berharap agar pahalanya bisa dibagi untuk almarhum kedua orang tua sebagai wujud baktinya.

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik