Kepulauan Riau—Layaknya sebuah bangunan, setiap muslim bagi muslim lainnya harus saling mengokohkan. Hari raya Idul Adha menjadi momentum untuk saling menjalin rasa atas nama ukhuwah. Seperti tahun-tahun sebelumnya, alhamdulilah Laznas LMI istiqomah menyampaikan amanah dari para mudhohi untuk meramaikan kurban di pelosok-pelosok negeri.

Salah satu daerah titik salur adalah kawasan terluar, yaitu kabupaten Karimun. Daerah gugusan pulau yang berada di tengah Selat Malaka ini mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan. Ada empat daerah yang menjadi lokasi penyaluran daging kurban, yakni Teluk Setimbul, Teluk Senang, Sepedas Pasir Panjang dan Pelambung Pongkar, yang semuanya berada di ujung utara pulau Karimun Besar. Mereka dikenal sebagai Suku Laut.

Ada 7 ekor kambing yang disembelih dengan mengikuti protokol kesehatan pandemi. Baik pengurus masjid, hingga masyarakat setempat terlibat dalam pengulitan dan pembagian. Masyarakat terlihat begitu gembira ketika menerima daging kurban. Selain karena wilayah perbatasan yang minim perhatian, juga karena sebagian dari mereka adalah seorang mualaf. Semoga momentum Iduladha ini menjadi wujud jalinan ukhuwah dan syiar kita bersama.

Terima kasih kami ucapkan kepada para mudhohi yang sangat bermurah hati telah menyalurkan kebaikan kurban ke penjuru negeri. Semoga amal ibadah kita dapat meningkatkan ketakwaan kita di hadapan Allah Subhanahu Wata’ala. Aamiin.