PengemudiKapalRohingyaSeorang bocah Rohingya berusia 12 tahun dipercaya untuk mengemudikan kapal yang membawa ratusan pengungsi asal Myanmar dan Bangladesh. Dia bersama ratusan pengungsi lainnya berhasil diselamatkan dari kapal yang telah rusak tersebut di perairan Aceh Timur.

Adalah Attaurahman yang mengaku pada CNN Indonesia, Kamis (21/5), dipercaya oleh kapten asal Thailand untuk mengemudikan kapal tersebut.

Di penampungan wilayah Birem Bayeun, Attaurahman mengatakan, awalnya dia dipercaya untuk membagikan nasi pada ratusan pengungsi Rohingya dan Bangladesh dalam perjalanan dari Myanmar menuju Thailand.

“Kapten sayang pada saya. Karena saya membagikan nasi, saya bebas masuk ke ruang kemudi dan lihat cara mereka membawanya. Saya kemudian, dan seorang dewasa lainnya, dipercaya untuk mengemudikannya,” kata Attaurahman.

Kesaksian para pengungsi lainnya mengatakan, setelah sampai di Thailand mereka tidak diperbolehkan menginjak daratan dan tetap berada di kapal selama sekitar satu bulan.

Dalam perjalanan menuju Thailand, kata Attaurahman, ada delapan kapal. Sebanyak 500 orang di kapal mereka dibagi dan dipindahkan ke empat kapal, sementara empat kapal lainnya dibawa oleh kapten dan awaknya.

“Kapten memanggil dua orang, saya dan seorang dewasa. Dia memberi tahu cara kemudikan kapal,” ujar Attaurahman yang sejak itu didaulat menjadi kapten cilik.

Kapten dan para awaknya kemudian meninggalkan kapal tersebut. Selama sekitar 3 bulan mereka terombang-ambing di lautan sebelum akhirnya ditemukan oleh nelayan.

Sumber: http://www.cnnindonesia.com/internasional/20150522120552-106-55017/kapal-rohingya-dikemudikan-bocah-12-tahun/