Sumenep – Hari Selasa (5/6) menjadi momen yang begitu membahagiakan untuk Marwiyah. Perempuan berusia 55 tahun yang sehari-hari bekerja sebagai buruh penjemur krupuk itu tidak henti-hentinya mengucap rasa syukur. Dia tidak menyangka rumahnya telah berubah.

Dari dinding anyaman bambu menjadi bata yang kokoh. Dulu, dinding rumah perempuan asli Sumenep, Madura itu banyak yang berlubang lantaran dimakan rayap. Sekarang telah dibangun tembok permanen. Selain itu, atapnya yang dulu telah lapuk dimakan usia kini berubah lebih kuat dengan bahan asbes. Lantainya berupa semen tebal yang lebih bersih dibanding tanah.

Tidak hanya itu, kusen depan juga terpasang jendela kaca, yang dahulu tidak ada jendela sama sekali. Tampilan runah Marwiyah juga lebih cantik dengan cat berwarna-warni. Yakni, warna hijau muda dan orange. Sesuai dengan warna logo Laznas LMI yang telah melakukan perubahan rumahnya.

Marwiyah memang menjadi salah satu penerima program Rumah Ceria Indonesia (Ruceri). Melalui program itu, Laznas LMI merehab rumah yang kurang layak huni menjadi lebih indah pada Ramadhan ini.

Perempuan yang tinggal di Dusun Talesek, Desa Gapura Barat, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur itu adalah seorang janda lansia. Selama ini untuk bisa memiliki rumah yang layak adalah mimpi baginya.

Sebab, penghasilan Marwiyah sangat minim. Sebagai buruh membuat kerupuk, setiap pukul 05.00, Marwiyah sudah mulai menjemur kerupuk. Selanjutnya, dia mencari rumput untuk makan sapi milik tetangga yang dirawatnya. Dari situ pendapatannya yang tidak seberapa harus disisihkan untuk makan sehari-hari dan biaya sekolah anak salah satu dari dua anaknya yang masih duduk di bangku SMP.

Karena itu, Laznas LMI memberikan hadiah rumah yang lebih indah untuk Marwiyah pada Ramadhan kali ini. Selama hampir sepekan mulai Kamis (30/5) hingga Selasa (5/6) tim memperbaiki rumahnya. Dengan begitu, Idul Fitri nanti, Marwiyah dan keluarga dapat menghadapi Hari Kemenangan dengan penuh kebahagiaan.

Marwiyah mengaku begitu senang lantaran rumahnya sudah memiliki tembok yang layak. Bahkan, ruang belakang yang biasana dipakai dapur sekarang menjadi kamar karena ruangannya sudah bersih dan rapi. Rumahnya menjadi lebih indah.

“Alhamdulillah, mator sakalangkong ampon ebhanto mabhagussagi compo’epon abdina, samangken ampon ressek, gedhdhungnga tak a lobang poleh, manabi malem tak egharassa cellep maske angin raje. (Alhamdulillah, terima kasih sudah dibantu memperbaiki rumah saya. Sekarang sudah bersih, dindingnya tidak berlubang, sehingga kalau malam tidak terasa dingin lagi, Red),” ujar Marwiyah.

Alhamdulillah, satu keluarga lagi yang mendapat kebahagiaan lewat program Ruceri. Mari bahagiakan keluarga yang lain selama Ramadhan ini dengan berpartisipasi melalui Laznas LMI. Semoga menjadi berkah dan pahala bagi Anda. Aamiin.

————————-

Laznas LMI
🏢 Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
☎️ 0822 3000 0909
🌐 www.lmizakat.org
————————–
📄 SK LAZNAS – Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
🏆 Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
📈 Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian