Bu Hasanah tampak semringah saat kami mengunjungi rumah kecilnya di Jalan Plaosan, Kelurahan Patokan, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo. Beliau adalah salah satu peserta pelatihan program Anak Indonesia Suka Makan Ikan (AISUMAKI) yang dilaksanakan di Situbondo Jumat (22/3) pekan lalu.
Beliau baru saja merapikan barang dagangan yang sehari-hari dia jual di depan sebuah SD dekat rumahnya. Ada gorengan, aneka snack, dan nasi goreng. Kami menemani beliau mempersiapkan kegiatan berikutnya, yaitu memulung yang keliling kota mulai siang hingga petang. Selama pekerjaannya halal, Bu Hasanah yakin di situ ada keberkahan.

Bu Hasanah hidup seorang diri, tanpa anak dan suami. Berbagai jenis pekerjaan pernah dilakoni, selama bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Beliau pun pernah bekerja sebagai cleaning service dengan gaji Rp 180.000 per bulan, namun karena tenaganya yang kian menurun maka pekerjaan itu tidak dapat dilakoninya lagi. Kadang kala, saat dihadapkan dengan butuhan yang mendesak terpaksa beliau harus meminjam uang pada rentenir.

Penghasilannya dari memulung dan berjualan tak menentu. Rata-rata uang yang terkumpul bisa mencapai Rp100.000 dalam seminggu, jumlahnya pun kadang bisa kurang dari itu. Namun, Bu Hasanah memiliki hati yang mulia. Jika ada anak SD yang ingin membeli makanan tetapi uangnya kurang, beliau tanpa ragu membolehkan dagangannya dibayar dengan uang seadanya. โ€œMereka lapar, mau beli tapi uangnya kurang. Daripada tidak makan, nanti sakit. Jadi saya kasih saja nasi gorengnya,โ€ akunya.
Nasi goreng Bu Hasanah cukup digemari oleh tetangga sekitar. Tapi, karena modal yang dimilikinya tidak besar, beliau hanya mampu menjual dengan skala kecil. Beliau mengaku, ketrampilannya memasak diturunkan dari orang tua yang dulu pernah berjualan penjual aneka masakan di sebuah rumah sakit di Situbondo.

Bu Hasanah berharap setelah mendapat pembekalan mustahik AISUMAKI, beliau terpilih sebagai salah satu calon pengusaha kuliner yang mendapatkan bantuan modal usaha. โ€œSemoga dengan bantuan dari program AISUMAKI Laznas LMI saya bisa mewujudkan keinginan membuka usaha di warung nasi. Agar bisa memasak lebih banyak dan membantu orang lebih banyak lagi. Aamiin,โ€ harap perempuan 56 tahun ini sambil mengusah kedua telapak tangan ke kedua wajahnya.

.

.

.
Laznas LMI
๐Ÿข Jl. Baratajaya XXII No. 20 Surabaya
โ˜Ž๏ธ 0822 3000 0909
๐ŸŒ www.lmizakat.org
โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€“
๐Ÿ“„ SK LAZNAS โ€“ Keputusan Menteri Agama RI Nomor 184 Tahun 2016
๐Ÿ† Penerima BAZNAS AWARD 2017 Kategori LAZ Nasional dengan Pendistribusian dan Pendayagunaan Terbaik
๐Ÿ“ˆ Audit Keuangan 2017 Opini Wajar Tanpa Pengecualian
.
.
.
#LaznasLMI #LMIcaretoshare #caretoshare #peduli #berbagi #zakat #infaq #islam #muslim #indonesia #hijrah #aisumaki #omega3 #gemarmakanikan #gerakanmakanikan #mustahik #mustahikberdaya #wirausaha #dinasperikanandankelautan @humaspemkabsitubondo @situbondokreatif