IMG_478f5

Trenggalek – Kebersamaan dan gotong royong sangat terasa dalam Sensasi Buka Bersama di Dusun Banaran, Desa Depok, Kecamatan Bendungan. Dusun yang terletak di ketinggian lebih dari 600 dpl ini merupakan dusun binaan LMI. Selain memfasilitasi pendidikan agama, Program Gaduh Ternak Barokah di susun ini juga terus berjalan dengan ternak Kambing Boer menjadi program andalan saat ini.

Pada Sabtu (17/6), Laznas LMI membeli dua ekor kambing dari peternak untuk kemudian disiapkan sebagai sajian buka bersama. Warga dusun Banaran pun bergotong royong untuk menyiapkan acara buka bersama.

IMG_4652

Para ibu mulai pagi hari sudah sibuk memasak daging kambing dan nasi. Sore menjelang, anak-anak berkumpul di masjid untuk mengaji sambil menunggu acara buka bersama dimulai. Para bapak-bapak pun tak tinggal diam, segala perlengkapan dan peralatan acara mereka siapkan.

IMG_4644

Ketika matahari mulai akan terbenam, sebanyak kurang lebih 300 warga dari berbagai usia berduyun-duyun mendatangi Musholla. Setelah ceramah singkat yang diselingi guyonan dan Shalat Maghrib, warga banaran dengan tertib duduk menunggu Sajian Gule Kambing dihidangkan.

Tak ada berebut, hanya ada canda sambil duduk menunggu datangnya sajian berbuka. Tentu tidak semua suka daging kambing, para ibu telah mengantisipasinya dengan juga memasak gule ayam. Dengan selesainya berbuka, tak lantas keguyuban warga berakhir. Ibu-ibu dan remaja putri bersama-sama mencuci piring di halaman depan musholla, sesekali gelak tawa terdengar darinya.

“Awalnya kami akan melakukan buka bersama dengan memesan nasi kotak. Tapi dengan mempertimbangkan kebersamaan, kami akhirnya memilih untuk model memasak bersama seperti ini. Alhamdulillah keputusan kami tepat,” tutur Burhan Muhammad Ahyani, Kepala Kantor Layanan LMI Trenggalek.