Rapat Keluarga
untuk Kemaslahatan
Bersama


Musyawarah adalah salah satu cara pengambilan keputusan yang mendapatkan kedudukan sangat penting dalam Islam.Sedemikian pentingnya hingga pantas untuk dimasukkan dalam agenda pengasuhan anak sedini  mungkin. Pembelajaran musyawarah yang juga diikuti istikharah, adalah bagian penting dalam parenting Islami.

Di Indonesia kita lebih mengenalnya dengan rapat. Pada konteks rumah tangga dan keluarga, kita lebih familiar dengan istilah Rapat Keluarga. Fungsinya seringkali menjadi ajang transfer kebijaksanaan dari pemimpin keluarga atau tetua, kepada yang lebih muda. Beberapa keluarga yang mengetahui nilai luhur dari sebuah rapat, akan menggunakannya secara lebih terstruktur sebagai bagian dari adab, adat, dan pendidikan anak.

Ibrah penting dalam Rapat Keluarga adalah pembiasaan anak-anak atas adab berkomunikasi yang baik, berani mengemukakan pendapat secara terbuka, jujur atas keadaan, empati terhadap kepentingan dan kondisi orang lain, menghargai keputusan yang diambil bersama, menghormati kepemimpinan dan pembelajaran berorganisasi sederhana. Kebiasaan tersebut ketika tumbuh dari nilai luhur pendidikan islami, akan melahirkan generasi kuat. Menjadi generasi yang mampu menghadapi berbagai situasi sulit sembari tetap menebar manfaat

Klik untuk download gratis —> Ebook Majalah Laznas LMI Edisi November 2020