Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salah satu makna dari Hadits Arbain yang pertama, pembeda antara kebiasaan atau rutinitas dengan ibadah itu adalah niat. Niat yang ditujukan untuk mendapatkan ridho Allah merupakan defnisi dari keikhlasan. Setiap perbuatan yang diniatkan untuk Allah, maka akan bernilai ibadah.

Pola hidup yang kondusif bagi ibadah mungkin tidak dapat kita wujudkan seketika. Oleh karena itu, kebiasaan atau rutinitas positif menuju ke sana sangat dibutuhkan. Pada awalnya, kita boleh untuk tidak ikhlas dalam membangun kebiasaan tersebut. Sebab menunggu keikhlasan bukanlah alasan menunda kebiasaan baik. Jika merasa tidak ikhlas kemudian kita mengurungkan suatu kebaikan, maka kita telah kehilangan satu momentum untuk memulai. Orang yang tidak bisa memulai maka tidak akan membangun apa-apa.

Terkadang, asalkan sesuatu itu baik, bahkan wajib, hendaknya kita jalani saja, sembari terus membersihkan hati dan meluruskan niat. Hingga suatu saat kebiasaan baik itu telah bernilai ibadah yang diridhoi Allah subhanahu wata’ala. Karena setiap kebaikan, awalnya tidak harus ikhlas.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Klik untuk download gratis —> Ebook Majalah Laznas LMI Edisi Maret 2020