Masjid Jangan Urus Umat Sendirian

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Lebih dari 800.000 masjid tercatat ada di Indonesia, jumlah ini jika dibandingkan
dengan kisaran 75.000-an desa dan 8.500-an kelurahan maka rata-rata ada 1 masjid di tiap desa atau kelurahan. Masjid yang menjalankan sunah dan menegakkan syariat akan menciptakan kesejahteraan bagi warga sekitarnya. Manfaat tersebut tidak hanya akan dirasakan oleh umat Islam, namun sesuai
kaidah
rahmatan lil alamiin, warga segala agama pasti mendapatkan dampak positifnya. Minimal, hidup mereka aman dari gangguan dan dapat beribadah dengan tenang. Sudah waktunya masjid selesai dengan permasalahan shalat berjamaah, kemudian berpindah menyelesaikan permasalahan umat secara berjamaah pula.

Optimalisasi peran dan fungsi masjid inilah yang membutuhkan sinergi dengan berbagai pihak. Baik itu antar masjid, antara masjid dengan pemerintah, ataupun masjid dengan NGO yang terkait. Khazanah penanganan permasalahan domestik hingga nasional sesungguhnya sangat memungkinkan untuk diselesaikan di level masjid. Mulai dari isu harmonisasi rumah tangga hingga kerukunan antarumat beragama. Dari isu ketahanan ekonomi keluarga, hingga kemandirian ekonomi nasional. Dari kebersihan dan sanitasi lingkungan hingga ketahanan pangan, energi, dan air. Bahkan kesiapsiagaan bencana juga bisa ditegakkan oleh masjid. Hidupkan agama Allah dengan sinergi, jangan biarkan mubazir lalu mati.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Klik untuk download gratis —> Ebook Majalah Laznas LMI Edisi Januari 2020